Cara memperbaiki SD Card tidak terbaca

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Bisa Terbaca

Wanovy | Teknologi | 18-03-2022

PARBOABOA - Tidak sedikit pengguna smartphone, kamera, atau action cam menggunakan kartu memori alias SD card untuk meningkatkan kapasitas memorinya. Tapi, tidak jarang juga yang mengalami SD card tidak terbaca atau rusak karena penyebab-penyebab tertentu.

Sebenarnya, cara memperbaiki SD card tidak terbaca bukanlah hal yang susah. Belum lagi kalau kamu sudah beberapa kali mendapatkan masalah yang sama pasti semakin terbiasa memperbaikinya.

Nah, untuk mengatasi kartu SD yang rusak, seperti tidak terbaca, data corrupt, dan sebagainya, Parboaboa sudah siapkan beberapa cara memperbaiki SD card tidak terbaca yang bisa kamu coba dirumah.

Cara mengatasi SD card tidak terbaca

Sama halnya seperti SSD laptop, kartu SD yang beredar di pasaran saat ini juga tentunya hadir dengan berbagai macam jenis, kecepatan, hingga kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Mulai dari kapasitas terendah yaitu 4GB, hingga 2TB yang sudah tergolong sangat besar untuk sebuah SD card.

Sayangnya, pengguna seringkali dihadapkan dengan masalah kartu SD rusak seperti misalnya kartu SD tidak terbaca yang bikin aktivitas jadi terganggu, apalagi kalau semua data, foto, maupun video tersimpan di dalamnya.

Daripada kamu bingung mengatasinya, yuk simak cara memperbaiki SD card tidak bisa terbaca dibawa ini!

1. Bersihkan SD Card

Langkah pertama mengatasi kartu SD yang rusak atau tidak bisa terbaca adalah dengan membersihkan SD card itu sendiri.

Bersihkan pada bagian lempengan tembaga yang berada di ujung SD Card dengan kain halus atau kapas sampai bersih.

Kamu tak perlu menambahkan cairan apa pun saat membersihkan bagian tembaga ini karena hal tersebut justru bisa membuat SD Card milik kamu akan semakin rusak.

Kamu juga tidak dianjurkan membersihkannya dengan menggunakan benda-benda yang keras atau kasar karena rentan menggoresnya.

2. Cek Error di PC

Jika setelah membersihkan SD card masih gagal untuk membaca data yang ada di dalamnya, kamu bisa mengecek apakah kartu SD error atau tidak dengan menyambungkan ke PC atau laptop.

Langkah-langkah atau cara memperbaiki kartu SD yang rusak ini adalah sebagai berikut:

- Pasang kartu SD ke perangkat smartphone kemudian hubungkan ke PC atau laptop menggunakan kabel data

- Ubah mode dari Media transfer mode (MTP) menjadi mode Mass storage mode (MSC) jika smartphone sudah terhubung ke perangkat PC atau laptop

- Buka menu Explorer (Windows + E) di perangkat laptop atau PC kemudian klik kanan pada drive kartu SD.

- Selanjutnya pilih menu Properties > Tools > Error Checking lalu tunggu sampai proses selesai untuk cek cara memperbaiki SD card tidak terbaca ini.

- Eject smartphone dari perangkat laptop atau PC setelah proses selesai kemudian cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

Cara memperbaiki SD card tidak terbaca ini cukup efektif digunakan untuk membaca kartu memori

Namun, jika cara memperbaiki kartu SD yang rusak lewat HP tidak berhasil. Ada baiknya setelah kartu SD berhasil dibaca kembali kembali, segera lakukan backup data untuk menghindari resiko kartu memori rusak kembali.

3. Format melalui HP

Selain cara diatas, kamu juga bisa menerapkan cara memperbaiki SD card tidak terbaca dengan melakukan format di HP kamu. Berikut langkah-langkahnya:

- Buka menu Pengaturan pada ponsel Android kamu.

- Pilih fitur Storage / Penyimpanan.

- Pada bagian tersebut tampil dua pilihan; penyimpanan internal dan eksternal.

- Pilih memori eksternal (opsi kedua) yang pada ponsel Android kamu.

- Pilih Format Kartu SD, kemudian konfirmasi format kartu memori.

- Tunggu sampai proses format kartu SD berhasil dilakukan.

- Selesai.

4. Format dari PC

Jika kartu memori (micro SD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer tetapi tidak terbaca di Android, kamu bisa membuka folder baru di HardDisk untuk mem-backup isi kartu memori yang rusak.

Kemudian, Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder tadi. Jika sudah tersalin semua, format kartu memori tersebut. Kemudian, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki SD card tidak terbaca yang bisa kamu coba dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #sd card    #tips    #teknologi    #kartu memori    #tips tekno   

Baca Juga