Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, foto: Bungdus.com

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Wanovy | Teknologi | 19-04-2022

PARBOABOA - Pernah kamu merasakan laptop tiba-tiba blank hitam tapi tetap hidup? Tenang, kamu bisa mengetahui cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup di bawah ini.

Dengan mengikuti cara-cara yang diberikan, kamu bisa mendapatkan solusi masalah ini dengan mudah.

Ada banyak cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup Windows 10 yang dapat kamu lakukan. Berikut adalah rangkumannya.

Penyebab laptop blank hitam tapi hidup

Sebelum kita membahas lebih lanjut bagaimana cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui apa saja penyebabnya. Simak informasi berikut ini ya!

Blank screen adalah masalah yang bisa saja terjadi menghampiri laptop. Masalah ini bisa tiba-tiba muncul bahkan kadang kamu tidak melakukan kesalahan apapun yang kamu sadari, namun masalah seperti ini bisa saja muncul menghampiri laptopmu.

Untuk itu, sebelum kamu menerapkan bagaimana cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari laptop blank hitam tapi putih.

1. Karena Proses Update Windows Yang TIdak Sempurna

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi saat laptop mengalami masalah blank tapi hidup adalah karena proses update dari sistem operasi windows yang tidak sempurna.

Mungkin karena laptop yang tiba-tiba mati saat sistem operasi Windows sedang diupdate sehingga membuat laptop mengalami blank screen setelah dinyalakan.

2. File Explorer Yang Crash

File Explorer atau Windows Explorer adalah aplikasi yang paling sering dibuka. Dimana file explorer ini digunakan untuk mengelola file yang terdapat di laptop.

Keberadaan dari aplikasi ini sangat penting sehingga jika terjadi sedikit masalah atau crash tentu saja bisa membuat semua aktivitas yang terjadi di sistem operasi Windows jadi terganggu.

3. Laptop Terserang Virus Atau Malware

Komputer yang terserang malware tentu saja bisa menjadi penyebab dari layar laptop menjadi blank dengan warna hitam, namun mesin atau sistem laptop masih hidup.

Dimana malware atau virus laptop ini bisa menimbulkan masalah seperti terkadang laptop yang tidak masuk ke desktop hingga booting tidak sempurna saat laptop dinyalakan.

4. Startup yang Bermasalah

Startup yang bermasalah pada sistem operasi Windows tentu saja bisa menjadi penyebab dari laptop yang mengalami masalah blank screen.

Bahkan startup yang bermasalah ini juga bisa menjadi penyebab dari laptop yang tidak bisa masuk pada desktop ketika kamu menghidupkan laptop.

Biasanya jika startup laptop bermasalah, proses loading akan berhenti saat logo Windows baru saja muncul ketika laptop dinyalakan.

Seringkali masalah startup yang rusak ini bisa menimbulkan masalah laptop blank screen hitam tapi hidup.

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa simak cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup dibawah ini!

1. Mengecek Layar LCD Laptop

Layar merupakan salah satu bagian yang umumnya menjadi sumber masalah laptop blank hitam.

Jadi, permasalahannya bisa jadi hardisk atau sistem operasi kamu berjalan dengan baik, tetapi layar laptop blank atau tidak memunculkan apapun.

Untuk memastikan layar laptop adalah sumber masalahnya, kamu dapat menghubungkan laptop kamu ke TV atau layar eksternal dengan menggunakan kabel HDMI ataupun VGA.

Jika tampilan layar laptop muncul pada monitor eksternal, maka masalah berada pada layar laptop.

Tetapi, jika tetap tidak ada tampilan, maka bisa jadi masalahnya terletak pada hardisk atau sistem operasi atau malah pada laptop secara keseluruhan.

Untuk mengatasi layar laptop blank hitam dengan masalah pada layar, kamu bisa langsung mengganti layar laptopmu.

2. Atur Resolusi Layar

Selain kesehatan layar, sumber masalah laptop blank hitam pada layar laptop adalah resolusi layar.

Jika resolusi yang kamu pilih lebih besar daripada layar laptop, ada kemungkinan layar laptop blank hitam terjadi.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi laptop blank hitam dengan masalah seperti ini?

Solusinya adalah dengan masuk ke Safe Mode. Kamu bisa mematikan laptop lampu kembali menyalakannya. Kemudian langsung tekan tombol F8 berulang-ulang hingga masuk ke Safe Mode.

Di dalamnya kamu bisa masuk ke pengaturan Display dan pilih resolusi layar yang lebih rendah atau rekomendasi dari sistem. Restart laptop dan dapatkan hasilnya.

3. Copot RAM dan Baterai

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup ini terbilang cukup teknis dan ekstrim tapi termasuk ampuh.

Jika baterai laptop kamu bisa dicopot, lakukan proses pencopotan termasuk dengan RAM. Kamu bisa mulai membersihkan RAM dan slot tempatnya dengan kuas kecil. Kemudian pasang kembali RAM, baterai, lalu nyalakan laptop.

4. Menghapus CMOS

Pada bagian BIOS, kesalahan konfigurasi juga dapat menyebabkan beberapa fungsi laptop tidak dapat bekerja maksimal. Salah satunya adalah layar menjadi blank.

Untuk cara mengatasinya, pertama-tama masuk ke dalam safe mode. Jika sudah, aturlah BIOS ke bagian default atau normal. Dengan cara menghapus memorinya. Setelah itu, restart kembali laptop.

5. Uninstal aplikasi dan software yang mencurigakan

Bisa jadi layar laptop tidak muncul karena pengaruh virus yang ada pada salah satu program.

Jika kamu merasa ada salah satu software yang mencurigakan maka kamu harus segera uninstal. Caranya sendiri adalah masuk ke dalam safe mode.

Setelah masuk ke dalam safe mode, segera uninstal aplikasi maupun software yang mencurigakan tersebut.

Agar pembersihan lebih mendalam, sebaiknya menggunakan aplikasi uninstal manager agar sampah-sampah software maupun aplikasi yang telah diuninstal benar-benar bersih secara sempurna.

6. Masuk ke bagian Registry Editor

Cara mengatasi laptop Asus blank hitam tapi hidup juga bisa menggunakan Registry Editor. Untuk cara melakukannya, pertama-tama hidupkan laptop terlebih dahulu.

Setelah itu, pada bagian keyboard tekan kombinasi CTRL + ALT + DEL secara bersamaan. Jika sudah, klik pada bagian “Start Task Manager”.

Nantinya secara otomatis kamu akan masuk ke pop-up Windows task Manager. Jika sudah masuk. pilih bagian file dan juga “New Task (Run…)”, nantinya kamu akan membuka pop-up “Create New Task”. Ketik saja “regedit” lalu klik OK.

Nanti akan muncul Regstry Editor, carilah folder yang bernama “HKEY_CURRENT_USER” lalu masuklah ke Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Explorer.

Jika sudah, carilah file yang bernama ExplorerStatrtupTraceRecorded. Lalu, hapuslah file tersebut dengan cara klik kanan dan pilih Delete.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang bisa kamu coba terapkan. Semoga membantu!

Tag : #laptop hang    #blank screen    #tips    #teknologi    #laptop error    #restart laptop   

Baca Juga