Cara mengatasi laptop hang, foto: Kompasiana.com

Cara Mengatasi Laptop Hang yang Aman dan Paling Efektif

Wanovy | Teknologi | 11-04-2022

PARBOABOA - Laptop yang tiba-tiba hang, freeze, atau not responding tentu akan mengganggu kamu saat menjalankan berbagai aktivitas seperti ketika harus belajar atau bekerja.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan perangkat komputer atau laptop telah menjadi suatu keharusan.

Terutama perangkat laptop yang memiliki nilai guna yang cukup praktis dibandingkan dengan perangkat personal lain seperti komputer atau dekstop.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan juga software internet, maka banyak pengguna laptop yang menginstal beragam aplikasi tanpa melihat prioritas aplikasi yang diperlukan dalam pemenuhan kebutuhan.

Hal ini justru dapat mengakibatkan terjadinya masalah pada laptopmu. Tanpa kita duga, tiba-tiba laptop mengalami hang, lemot, not responding, bahkan crash.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan laptop kamu menjadi bermasalah serta bagaimana cara mengatasi laptop hang.

Penyebab Laptop Hang

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi laptop hang, ada baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui penyebab laptop tersebut hang. Di bawah ini beberapa penyebab laptop hang:

1. Adanya Virus Komputer

Masalah pertama yang menyebabkan laptop menjadi hang adalah adanya virus di dalam perangkatmu. Kebanyakan virus dapat merusak sistem Windows yang kamu miliki.

2. Perangkat Overheat

Adanya panas yang berlebih pada CPU atau processor serta VGA dapat mengakibatkan kinerja laptop kamu menjadi lambat.

Hal ini akan membuat software atau sistem menjadi error, macet, hang, atau not responding.

3. Masalah pada OS

Jika sistem operasi laptop kamu mengalami masalah, hal ini tentunya dapat membuat kinerja laptop menjadi kurang maksimal.

Akibatnya, laptop menjadi not responding serta terjadi adanya kegagalan ketika menginstall software.

4. Hardisk Bermasalah

Hal ini tentunya akan membuat laptop menjadi hang. Terkait cara mengatasi laptop hang, kamu dapat melakukan perawatan secara software yakni dengan menggunakan aplikasi cleaner atau tune up guna membersihkan file temporary.

5. RAM Bermasalah

Adanya masalah pada RAM yang penuh juga dapat mengakibatkan kinerja software serta sistem menjadi lambat. Hal ini dapat terjadi pada laptop spek rendah.

Cara Mengatasi Laptop Hang

Agar masalah-masalah pada laptop tidak terus terjadi, kamu harus mengetahui beberapa cara mengatasi laptop hang tersebut. Berikut ini cara mengatasi laptop hang yang bisa kamu terapkan.

1. End Task

Laptop hang seringkali disebabkan oleh program yang crash. Jadi, pertolongan pertama pada laptop hang adalah dengan menekan tombol CTRL+ALT+Del. Dengan menekan tombol tersebut, maka program Task Manager akan muncul.

Setelah itu, hentikan software dengan pilih End Task. Software yang crash pun otomatis akan tertutup dan laptop dapat berfungsi dengan normal.

2. Menghapus BIOS Cache

Hang pada laptop juga bisa terjadi karena cache pada laptop yang begitu banyak. Masalahnya, nggak banyak orang yang memahami bagaimana cara mengakses BIOS cache.

Pertama-tama, kamu bisa lakukan force Shutdown terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke BIOS dengan cara menggunakan F12, F11, F8, atau F2. Lalu, klik pada Advanced BIOS Features. Disable BIOS Cache dan tekan enter setelahnya.

Dengan melakukan disable pada BIOS Cache, kamu bisa membuat laptop menjadi nggak hang lagi karena sampah-sampah yang membebani sudah dihilangkan.

3. Menginstall Antivirus

Laptop hang bisa juga disebabkan oleh virus. Virus bisa muncul dari mana aja, mulai dari flashdisk, beberapa laman browser yang pernah dibuka, hingga unduhan sembarangan alias yang nggak berasal dari sumber legal.

Nah, untuk cara mengatasi laptop hang ini, kamu bisa menginstall antivirus di laptop kamu.

Lakukan scan secara rutin terhadap komputer buat mendeteksi keberadaan virus di dalamnya. Deteksi dini ini bikin PC menjadi lebih ringan dan enak dipakai.

4. Mengecek Kipas

Laptop yang mengalami panas berlebih kerap menjadi alasan mengapa laptop bisa hang bahkan mati sendiri.

Overheating disebabkan oleh laptop yang nggak mampu menahan beban panas yang disebabkan oleh program berat atau kipas yang rusak.

Apabila laptop terlalu panas bahkan pada saat baru dinyalakan, ia pasti berpotensi hang bahkan mati total.

Untuk itu, rajin-rajinlah buat mengecek kipas laptop ke counter atau ke service center resmi. Jika kipas laptop kamu terlalu kotor, debu di dalamnya akan dibersihkan sehingga ia bisa menyaring panas lagi dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi laptop hang yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #laptop hang    #tips    #teknologi    #laptop not responding   

Baca Juga