Ilustrasi cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet

Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Wanovy | Teknologi | 19-01-2022

PARBOABOA - Sekarang kebutuhan manusia terhadap WiFi sudah tidak terelakkan lagi. WiFi bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan yang harus dipernuhi, terutama bagi mereka yang setiap hari memang membutuhkan koneksi WiFi untuk setiap aktivitasnya.

WiFi memang telah menjadi alat penunjang internet sejak lama. Pasalnya, WiFi bisa menyediakan internet untuk orang seisi rumah sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot membeli paket kuota.

Seiring berkembangnya zaman, WiFi tidak hanya ditempatkan di rumah saja, melainkan bisa kamu bawa ke mana-mana.

Buktinya adalah dengan kehadiran modem WiFi nirkabel yang bisa dibawa ke mana-mana. Tidak hanya itu, WiFi juga bisa datang dari smartphone masing-masing di mana satu hp bisa mengaktifkan tethering hotspot untuk menyediakan internet ke perangkat lainnya.

Saking bergantungnya pada WiFi, kamu sampai rela tidak membeli paket kuota sebagai cadangan untuk hp kamu.

Namun, Kamu pasti pernah mengalami kejadian dimana laptop atau hp kamu telah terhubung ke jaringan WiFi, tapi ketika ingin dipakai untuk browsing di Internet tidak bisa.

Hal ini memang sering terjadi. Penyebabnya pun beragam, mulai dari WiFi yang sedang dalam keadaan greyed out atau disabled, gagal routing ke gateway, hingga infeksi malware.

Jangan panik. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi WiFi yang terhubung tapi tidak bisa akses Internet. Simak informasi berikut ya!

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet

1. Restart Router, Modem, atau Wireless Router

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang pertama adalah dengan me-restart router. Matikan router dan modem kamu langsung dari saklar utamanya. Tunggu sekitar 30 detik untuk menyalakannya kembali. Setelah menyalakan kembali router, tunggu hingga lampu DSL stabil.

2. Reboot Router

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang berikut ini bisa kamu coba apabila sudah melakukan cara di atas tapi WiFi tetap tidak ada koneksi internet.

Secara fungsi, reboot router hampir sama dengan restart router, yakni memulai kembali perangkat. Bedanya, restart router dilakukan dengan menekan tombol fisik power yang ada di router atau modem.

Sedangkan, reboot router dilakukan dengan masuk ke pengaturan router melalui alamat IP (Internet Protocol) via browser.

Router atau modem di Indonesia yang disediakan oleh operator layanan internet mayoritas dari merek ZTE/Huawei dengan alamat IP antara 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.

Masukkan alamat tersebut di kolom pencarian situs dari browser Anda. Masukkan username dan password yang pada umumnya menggunakan kata “Admin” untuk login ke pengaturan router. Setelah berhasil masuk halaman awal pengaturan router, klik menu “System Tools” lalu klik opsi “Reboot”.

3. Mengubah Mode WiFi

Jika restart dan reboot router tidak membuat jaringan internet kamu bertambah lancar dan stabil, cobalah untuk mengubah modenya. Caranya, ketikkan 192.162.0.1 ke browser web lalu login dengan password dan username yang telah diatur. Bila belum memiliki, gunakan “Admin” pada keduanya.

Cari menu Wireless à Wireless Settings à ubah mode menjadi 11bgn mixed à klik Save. Setelah mengubah setelan mode WiFi, restart kembali router untuk melihat hasilnya.

4. Memperbarui Driver Adaptor WiFi

Bisa jadi masalah laptop yang tidak bisa digunakan untuk browsing meski sudah terhubung dengan internet disebabkan oleh driver WiFi yang out-dated. Masalah ini biasanya ditandai dengan laptop/PC yang error, namun internet tetap berjalan dengan baik di perangkat lainnya.

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet pada khusus pada PC adalah dengan klik kanan pada My Computer à Properties Option à adapter jaringan à klik kanan driver adaptor WiFi dan pilih Update Driver Software.

5. Ganti DNS dengan Google Public DNS

Masalah WiFi yang terhubung tapi tidak bisa akses internet pada PC bisa diatasi dengan mengganti DMS dengan DNS Google Public. Caranya, buka jaringan dan pusat berbagi, cari Panel Control dan pilih Jaringan dan Internet. Kemudian, cari pusat jaringan dan pusat berbagi.

Klik nama WiFi yang terhubung untuk membuka jendela informasinya. Pilih Properties untuk memilih TCP/IPV4 dan lanjutkan dengan klik Properties.

Pilih “gunakan alamat DNS berikut” pada jendela properti IPV4 dan ketik alamat Google. Akhiri dengan pilih OK di jendela yang terbuka. Lakukan proses yang sama untuk IPV6. Hidupkan kembali modem kamu dan periksa jaringan internetnya.

6. Nyalakan Mode Pesawat

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyalakan mode pesawat lalu mematikannya beberapa saat kemudian.

Hal ini bisa dicoba pada PC maupun smartphone kamu. Pada smartphone, hal ini efektif untuk mengembalikan akses Internet, baik dari WiFi maupun hotspot pribadi.

Demikianlah cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa akses internet yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #tips    #internet    #wifi   

Baca Juga