Ilustrasi cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto

Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di Google Foto

Wanovy | Teknologi | 25-01-2022

PARBOABOA - Cara mengembalikan foto yang terhapus di Google foto merupakan salah satu metode wajib untuk diketahui pengguna smartphone. Pasalnya, hal ini akan menjadi sangat penting apabila kamu tidak sengaja menghapus data penting seperti foto ataupun video yang ada di fitur Google foto.

Seperti diketahui, Google Photos merupakan salah satu layanan pencadangan foto gratis yang tersedia secara online. Google Photos adalah rumah penyimpanan tempat untuk mencadangkan foto dan video tanpa batas secara gratis karena mendukung hingga 15 megapiksel dan batas HD 1080p.

Jika kamu tak sengaja menghapus foto atau sekedar ingin memulihkan foto yang saat itu kamu hapus tanpa pikir panjang, kamu dapat mengakses Google Photos untuk memulihkan foto tersebut.

Sebenarnya, ketika kita menghapus foto dan video di Google Photos, aplikasi ini tidak langsung menghapusnya. Tapi memindahkan foto dan video yang kita hapus tersebut ke folder khusus untuk menampung mereka secara sementara.

Foto dan video yang kamu hapus akan bertahan selama 60 hari di folder tersebut sebelum akhirnya terhapus secara permanen. Namun, jika sebelum 60 hari, kita masih bisa mengembalikannya lagi.

Penasaran bagaimana menggunakannya? Yuk, simak cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto berikut ini.

Cara mengembalikan Foto yang terhapus di Google Foto

1. Buka aplikasi Google Foto di smartphone-mu.

2. Selanjutnya di bagian kanan bawah ketuk “Galeri”.

3. Jika halaman galeri sudah terbuka, ketuk “Sampah”.

4. Setelah halaman Sampah terbuka, pilih foto yang ingin dipulihkan ke folder penyimpanan. Tekan foto tersebut agak lama hingga terdapat tanda contreng.

5. Lalu ketuk “Pulihkan” dan tunggu beberapa saat foto atau video yang sudah dihilangkan akan dipulihkan kembali ke galeri HP, galeri Google Foto, dan album tempat penyimpanan semula.

6. Namun jika foto yang kamu cari tidak terdapat di folder Sampah Google Foto , ada kemungkinan foto atau video tersebut sudah terhapus lebih dari 60 hari.

Cara mengembalikan video yang terhapus di Google Photos

Cara mengembalikan video terhapus di Google Foto sama dengan cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto yang sudah dijelaskan diatas.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di aplikasi lain (Android)

Selain menggunakan Google Foto, kamu juga bisa menggunakan cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp dengan beberapa aplikasi pihak ketiga. Aplikasi apa yang bisa mengembalikan foto yang terhapus? Kamu bisa memilih salah satunya di bawah ini:

1. Aplikasi Deleted Photo Recovery

Masih bingung bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah lama terhapus? Kamu bisa me-install aplikasi Deleted Photos Recovery, yang sudah diunduh lebih dari 60 ribu kali di PlayStore. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengembalikan foto yang terhapus bahkan foto yang tersembunyi di dalam perangkat Android. Mudahnya lagi, kamu tidak memerlukan PC atau Laptop dan juga proses rooting untuk menggunakan aplikasi ini.

2. Aplikasi Dumpster

Apabila kamu ingin cara mengembalikan foto yang terhapus permanen, aplikasi Dumpster bisa membantumu. Aplikasi ini akan berperan selayaknya cloud storage, yang akan secara otomatis menyimpan foto-foto yang ada di ponsel kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga menjamin keamanan data. Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus, cukup mengecek folder Bin dan Restore/Pulihkan foto yang sudah terhapus di dalam ponsel Samsung dan lainnya.

3. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Aplikasi DiskDigger bisa menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android yang kamu miliki. DiskDigger bekerja dengan melakukan restore atau pemulihan pada foto yang telah terhapus pada ponsel. Apabila ponsel Android kamu sudah di-root, kamu bisa leluasa menggunakan fitur-fitur yang ada di aplikasi ini

4. Aplikasi DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Kamu bisa memulihkan foto yang terhapus di memori internal maupun eksternal. Jadi kamu tidak perlu bingung jika tidak tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android. Cukup dengan masuk ke aplikasi ini lalu lakukan proses pemindaian atau scanning, dan ia akan langsung bisa menemukan foto yang hilang atau terhapus.

5. Aplikasi Restore Image

Ingin cara mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa root? Bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi Restore Image. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi ini akan memulihkan foto-foto yang terhapus baik disengaja maupun tidak disengaja.

Itulah beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto dan di aplikasi lain yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #tips    #google foto    #memulihkan foto    #restore image   

Baca Juga