Ilustrasi

Foto dan Vidio yang Masuk ke WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Galeri, Ini Caranya

Wanovy | Teknologi | 18-09-2021

Setiap foto dan video yang diambil pengguna menggunakan kamera ponsel pasti akan langsung tersimpan di galeri foto. Begitu pula ketika mengunduh gambar dan video dari internet, termasuk di WhatsApp.

Foto atau video WhatsApp secara otomatis akan tersimpan di folder media WhatsApp. Anda dapat mencarinya di file manager membuka, Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media.

Namun, kadangkala dari kumpulan foto dan video di galeri itu ada sejumlah konten "rahasia", entah karena bersifat pribadi atau mengandung informasi sensitif, sehingga tak ingin dilihat oleh orang lain.

Kali ini, Anda tak perlu menghapus atau mem-backup konten-konten WhatsApp yang telah terunduh untuk menyembunyikannya. Anda bisa menggunakan fitur bawaan WhatsApp atau trik khusus untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri. Berikut cara menyembunyikan foto dan video dari galeri Android :

Menggunakan fitur bawaan WhatsApp

Pada aplikasi WhatsApp, ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas, lalu ketuk Pengaturan/Settings. Buka ‘Obrolan’/'Chats', dan hapus centang pada kotak di sebelah ‘Tampilkan media di galeri’/ ‘Show media in gallery.’

Setelah mengatur ini, foto dan video WhatsApp apa pun tidak akan muncul di galeri ponsel. Namun, foto dan video sebelum Anda mengatur pengaturan ini masih dapat terlihat.

Sembunyikan Media WhatsApp Grup atau chat tertentu

Di aplikasi WhatsApp, buka obrolan atau obrolan grup yang ingin Anda sembunyikan foto dan videonya. Kemudian, ketuk nama kontak atau grup. Di sini, ketuk pada ‘Visibilitas Media‘ dan pilih ‘Tidak.‘ Ketuk ‘OK’ dan selesai.

Menyembunyikan media WhatsApp dengan trik file manager

Untuk sepenuhnya menyembunyikan semua file media dari Galeri, solusi cepatnya adalah pergi ke File Manager Android dan navigasikan ke folder WhatsApp.

Setelah Anda berada di Folder WhatsApp, tekan lama pada folder Media. Sekarang Anda dapat mengganti nama folder Media menjadi ‘.Media‘ dengan menambahkan titik di depan nama folder 'media'.

Solusi ini akan sepenuhnya menyembunyikan semua data di dalam folder Media agar tidak muncul di Galeri. ni juga akan menyembunyikan Dokumen dari aplikasi pembaca dokumen. Untuk jaga-jaga, jika Anda ingin menyembunyikan gambar saja, ganti nama folder ‘WhatsApp‘ menjadi ‘.WhatsApp Images‘.

Nomedia untuk menyembunyikan Gambar atau Vidio WhatsApp

Untuk melakukan ini, navigasikan ke WhatsApp> Media> WhatsApp Images dengan Android File manager.

Kemudian, buat file baru menggunakan pengelola file dan beri nama sebagai .nomedia ‘. Jika mode hidden folder masih aktif, Anda mungkin perlu mematikannya sebelum melanjutkan.

Metode ini berguna untuk menyembunyikan file multimedia dari Galeri. Anda dapat memasukkan file .nomedia ‘ke folder lain seperti Video, Gifs, dll untuk membuatnya tersembunyi dari Galeri. Terkadang, pengelola file mungkin tidak memiliki opsi untuk membuat file baru di folder itu.

Dalam hal ini, Anda dapat menyalin dan menempelkan file .nomedia ’dari‘Sent‘ folder yang ada di dalam ‘WhatsApp Images‘ ke lokasi lain.

 

Tag : #teknologi    #tips    #whatsapp    #android    #smartphone   

Baca Juga