Cara merekam layar di HP Samsung, foto: bursahpsamsung.com

Cara Merekam Layar di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Wanovy | Teknologi | 01-04-2022

PARBOABOA - Cara merekam layar di HP Samsung sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga karena kita bisa menggunakan fitur perekam layar (screen recording) bawaan.

Fitur Screen Recorder ini sudah banyak diimplementasikan oleh para pabrikan ponsel di perangkat Android masing-masing, termasuk Samsung.

Pabrikan asal Korea Selatan itu telah membekalkan fitur Screen Recorder ini sebagai aplikasi bawaan pada semua Galaxy yang sudah menjalankan antarmuka One UI yang berbasiskan Android 11, seperti Galaxy A50, Galaxy M20, dan Galaxy S10 atau seri yang lebih baru.

Pengguna ponsel Samsung dapat mengakses beragam fitur layanan tersebut dengan mudah dan gratis. Menariknya, pengguna bahkan bisa menggunakan fitur ini tanpa harus menyalakan koneksi Internet di ponsel.

Cara merekam layar HP Samsung juga terbilang praktis dan cepat. Fitur ini berfungsi bagi pengguna yang ingin merekam akttivitas digital dan menyimpan informasi dalam bentuk video.

Cara Merekam Layar HP Samsung

Screen Recorder cukup praktis karena bisa langsung diakses dari bar notifikasi untuk langsung merekam tampilan layar ponsel.

Berikut ini cara merekam layar HP Samsung seperti dikutip dari Business Insider.

1. Untuk mengakses fitur Screen Record, kamu cukup mengusap layar bagian atas ke bawah untuk membuka menu "Quick Settings".

2. Di halaman "Quick Settings", scroll layar ke kiri hingga menemukan ikon "Screen Recorder". Jika tidak ada, kamu bisa mengklik ikon pensil di pojok kiri bawah untuk menemukan opsi perekaman layar.

3. Sebelum merekam layar, pengguna bisa mengatur sumber suara yang ingin direkam, yakni dari audio perangkat, audio perangkat dan mikrofon, atau tidak mrekam suara sama sekali.

4. Setelah memilih salah satu opsi tersebut, kamu bisa langsung menekan tombol "Start Recording" untuk memulai perekaman layar.

5. Jika sudah selesai, kamu cukup menyentuh opsi "Tap to Stop" (tombol kotak) di bagian kiri atas dan proses perekaman layar pun akan dihentikan.

6. Hasil rekaman akan tersimpan dan dapat dilihat di galeri ponsel. Kamu juga bisa mengeceknya lewat aplikasi Google Photos yang terpasang di perangkat kamu.

7. Lewat Google Photos, kamu bisa menyunting hasil rekaman layar tersebut seperti mempersingkat durasi atau memotong klip video yang dianggap tidak penting.

8. Setelah diedit, video tersebut bisa dibagikan ke platform lainnya yang dikehendaki pengguna.

Perlu dicatat, fitur perekaman layar bawaan sini hanya tersedia untuk pengguna smartphone Galaxy yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11.

Cara Merekam Layar HP Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan fitur dari bawaan, kamu juga bisa merekam layar HP Samsung menggunakan aplikasi khusus.

Ada beberapa aplikasi yang dapat dipasang dan digunakan untuk merekam layar HP. Berikut ini daftarnya.

1. Google Play Games

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk merekam layar HP Samsung yaitu Google Play Games. Kamu bisa dapatkan aplikasi ini di Google Play Store.

Aplikasi ini bisa menyimpan video rekaman dengan kualitas terbaik bahkan mencapai 480 – 720 pixel. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk merekam games online di handphone.

2. Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk merekam layar hp yaitu Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder.

Cara merekam layar hp dengan menggunakan aplikasi ini cukup sederhana, cukup pilih video mana yang ingin direkam lalu klik tombol ‘Record’.

3. AZ Screen Recorder

Aplikasi berikutnya yang dapat digunakan untuk merekam layar HP Samsung yaitu AZ Screen Recorder.

Aplikasi ini diketahui bisa merekam layar HP tanpa batas waktu dan tanpa watermark. Cara merekam layar di HP Samsung menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder sama dengan yang dibahas sebelumnya.

Demikianlah informasi seputar cara merekam layar di HP Samsung tanpa aplikasi dan dengan aplikasi yang bisa kamu coba Semoga membantu!

Tag : #samsung    #rekam layar    #tips    #teknologi    #screen recorder   

Baca Juga