Ilustrasi

Bisa Dipakai Semua Orang, Ini Cara Sematkan Link Sticker di Instagram Stories

Wanovy | Teknologi | 30-10-2021

Pengguna Instagram kini bisa menyematkan link di Instagram Story dengan fitur Sticker. Instagram mengatakan, sekarang siapapun dapat memanfaatkan fitur share link ini ke followers mereka.

Sebagaimana dikutip dari laman The Verge, Kamis (28/10/2021), link stiker ini akan berguna bagi mereka yang memiliki bisnis untuk menautkan link ke produknya atau aktivis yang ingin memberikan link ke informasi tertentu.

Selain dengan fitur Sticker, Instagram sebelumnya menyediakan fitur Swipe Up yang bisa digunakan untuk menyematkan link atau tautan ke dalam postingan IG Stories. Namun fitur tersebut terbatas hanya bagi pengguna yang memiliki pengikut lebih dari 10 ribu orang atau akunnya telah diverifikasi oleh Instagram.

Kemudian saat ini fitur Swipe Up disebut telah dihentikan penggunaannya oleh Instagram sejak Agustus tahun ini, dan digantikan dengan kehadiran Link Sticker.

Perlu diingat, akun yang membagikan link berisi misinformasi atau ujaran kebencian akan kehilangan aksesnya.

Sebelumnya, fitur itu hanya berlaku untuk akun centang biru ataupun mereka yang memiliki followers minimal 10.000 akun.

Namun, saat ini sejumlah pengguna Instagram di Indonesia dengan jumlah followers di bawah 10.000 sudah bisa menggunakan fitur link Sticker sejak Jumat (29/10/2021).

Untuk menggunakan fitur link Sticker, pengguna Instagram harus melakukan update terlebih dahulu lewat Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Jika sudah mendapatkannya, Anda dapat menambah Link Sticker ke posting Instagram Stories dengan mengikuti panduan berikut ini.

Cara Menggunakan Link Sticker di Instagram Stories

1. Buka aplikasi Instagram dan pilih fitur Stories seperti biasa, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau klik gambar profile di pojok kiri atas.

2. Siapkan foto atau video yang akan diunggah di Instagram Stories. Anda juga bisa mengambil foto/video dengan fitur kamera di aplikasi Instagram.

3. Setelah foto dipilih, klik ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas. Kemudian scroll layar untuk menemukan opsi "Link".

4. Lalu, masukkan link atau tautan website yang Anda kehendaki di kolom "URL" yang tersedia. Anda juga bisa melihat preview link yang sudah Anda cantumkan tadi.

5. Jika semua tahapan selesai, Anda bisa langsung meng-klik tombol "Done" yang berada di pojok kanan atas.

6. Sebelum diunggah, Anda juga bisa mengatur posisi stiker link maupun ukurannya (resize) sesuai dengan keinginan Anda.

7. Setelah mengatur posisi dan ukuran stiker, Anda tinggal meng-klik "Send To" untuk mengunggah foto tersebut ke Instagram Stories. Nantinya, Instagram Stories Anda akan tampil dengan stiker link yang sudah dibuat tadi.

Dengan tersedianya Link Stiker ke semua pengguna, maka mereka tak perlu lagi mencantumkan URL di bio untuk membagikan informasi ke pengikutnya.

Tag : teknologi, tips, apps, instagram, stories

Berita Terkait