Podium juara Formula E Jakarta (dok Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Daftar Pejabat di Formula E Jakarta

Rini | Olahraga | 04-06-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pelaksanaan Formula E di International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, berlangsung sukses sore tadi, Sabtu (4/6).

Meskipun sejak awal balapan yang digagas Anies Baswedan ini banyak mendapat kontroversi, namun antusiasme masyarakat untuk menyaksikan balapan sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya penonton yang hadir di Ancol.

Baca Juga: Hasil Formula E Jakarta: Mitch Evans Tercepat

Tak hanya dihadiri masyarakat, sejumlah pejabat negara juga terlihat di lokasi, termasuk Presiden Jokowi.

Usai menyaksikan balapan yang dimenangkan oleh pembalap Jaguar Mitch Evans ini, Jokowi mengungkapkan apresiasinya atas kelancaran acara.

Dia bahkan berharap akan ada agenda Formula E lainnya di Indonesia, karena balapan listrik ini berdampak baik bagi industri mobil listrik Indonesia.

Terlebih lagi pemerintah sedang membangun ekosistem mobil listrik, mulai dari pengolahan nikel hingga produksi mobil listrik.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," tutur Jokowi.

Namun dia menampik kabar yang menyebut jika acara Formula E kurang mendapat dukungan dari pemerintah pusat.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan, kemudian juga izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," kata Jokowi.

Selain Jokowi, kehadiran Menteri BUMN Erick Thohir di lokasi Formula E juga menyedot perhatian publik.

Seperti yang sudah diketahui, ketiadaan BUMN sebagai sponsor Formula E menjadi kontroversi. Namun ternyata Erick Thohir diundang oleh penyelenggara Formula E secara langsung.

Selain itu beberapa pejabat lainnya juga terlihat menyaksikan Formula E Jakarta ini, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Tampak pula Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar.

Lalu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Selanjutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Kemudian ada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa hingga politikus PKB Jazilul Fawaid.

Penyerahan Piala Juara

Formula E Jakarta ini juga disesuaikan dengan budaya Indonesia, sehingga pembukaan sampanye dalam perayaan pemenang balapan ditiadakan.

Penyerahan piala pemenang tentu hal yang paling dinanti-nantikan. Ada empat piala yang dibagikan. Piala pertama diberikan Anies Baswedan kepada tim pemenang balap Formula E, yaitu Manager Tim Jaguar karena berhasil mengantarkan pebalap mereka finis posisi pertama.

Kemudian piala kedua untuk juara ketiga yaitu Edoardo Mortara pembalap tim Rokit Venturi. Piala ini diserahkan langsung oleh CFO ABB Formula E Gerard Chan.

Kemudian, Ahmad Sahroni menyerahkan piala kepada Jean Eric Vergne yang merupakan juara kedua. Selanjutnya, piala untuk juara pertama, Mitch Evans, diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Dengan penyerahan piala tersebut, berakhir pula seri ke-9 Formula E yang diselenggarakan di Jakarta.

Tag : #formula e    #jakarta eprix    #olahraga    #piala formula e    #daftar pejabat di formula e    #jokowi    #anies baswedan    #erik thohir   

Baca Juga