Ilustrasi

Durasi Instagram Stories Bakal Diperpanjang Sampai 60 Detik

Wanovy | Teknologi | 27-11-2021

Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan banyak digunakan oleh penggunanya di seluruh dunia. Inovasi pun terus dilakukan oleh anak perusahaan dari Meta ini agar tetap bisa mengikuti keinginan dari penggunanya.

Salah satu fitur andalan Instagram adalah Instagram Story yang dirilis pada Agustus 2016 lalu. Meskipun fitur tersebut dianggap menyontek dari aplikasi Snapchat, kini Instagram Story lebih mendominasi di masyarakat.

Menurut laporan yang beredar, Instagram saat ini sedang menguji coba Stories yang diperpanjang menjadi 60 detik atau 1 menit.

Seperti diketahui, selama ini durasi maksimal sebuah  unggahan konten video di Instagram Stories dibatasi hanya 15 detik saja.

Apabila pengguna mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 detik, maka video akan terbagi menjadi beberapa segmen.

Dikutip dari Social Media Today, beberapa pengguna kebagian untuk menguji coba perpanjangan durasi Instagram Stories. Mereka yang "beruntung" akan mendapat pop-up notifikasi yang menerangkan bahwa durasi Stories akan diperpanjang menjadi 60 detik.

Perubahan durasi ini pertama kali dibagikan oleh Alessandro Paluzzi yang sering membocorkan mengenai perubahan Instagram.

Lewat akun Twitter-nya, Alex membagikan tangkapan layar yang memperlihatkan pemberitahuan perubahan durasi Instagram Story.

"Perkenalkan Stories yang lebih panjang. Video dengan durasi hingga 60 detik tidak akan lagi dipecah menjadi beberapa segmen" begitu tulisan dalam pop-up notifikasi tersebut.

Melalui tangkapan layar yang dibagikan oleh leaker Alessandro Paluzzi, dapat dilihat notifikasi yang dikirimkan oleh Instagram terkait penambahan batas durasi Instagram Stories menjadi 60 detik.

Lebih lanjut, penambahan batas durasi Instagram Stories ini nantinya akan sangat membantu pengguna dalam membagikan postingan Reels.

Sejak bulan Juli lalu, Reels sudah mengadopsi batas waktu video selama 60 detik. Karena hal itu, pengguna yang membagikan Reels di Instagram Stories pasti postingan videonya akan terpotong atau tidak terbagi secara penuh.

Namun, jika Instagram telah menerapkan batas waktu baru Instagram Stories selama 60 detik, postingan Reels akan bisa dibagikan secara penuh di Instagram Stories.

Menurut Social Media Today, Jumat (26/11/2021), pihak Instagram sendiri telah mengonfirmasi kabar uji coba ini.

"Kemampuan membuat Stories yang lebih panjang sangat banyak diminta oleh komunitas kami. Kami sangat senang menguji coba Stories berdurasi 60 detik, jadi pengguna bisa membuat dan menonton Stories dengan gangguan yang minim," jelas Instagram.

Instagram juga mengatakan bahwa fitur Stories berdurasi 60 detik memang baru diuji coba ke segelintir pengguna. Jika fitur ini sudah dirilis, ada kemungkinan konten Reels bisa diunggah secara utuh ke Instagram Stories.

Tag : #instagram    #stories    #reels    #durasi    #ig story   

Baca Juga