Atlet paralimpiade nasional (Papernas).

Emas Pertama Papernas XVI direbut Tuan Rumah Papua

Maraden | Olahraga | 06-11-2021

PARBOABOA, Jayapura – Medali emas pertama Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua diraih oleh atlet tuan rumah pada cabang olahraga para-atletik yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (06/11/2021) pagi.

Atlet Papua, Abraham Elopere memenangkan nomor 1500 meter putra T20 cabang para-atletik dengan catatan waktu 4 menit 22,63 detik. Di urutan kedua atau peraih perak, Nasrodin dari Jawa Tengah dengan catatan waktu 4 menit 24,52 detik, dan juara ketiga diraih Leksi Kase dari Nusa Tenggara Timur dengan waktu 4 menit, 24,52 detik.

Sebagaimana diketahui Papernas XVI Papua telah resmi dibuka pada Jumat Malam (02/11). Upacara pembukaan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Upacara pembukaan itu juga dihadiri oleh para penonton yang mengisi tribun Stadion Mandala Jayapura. Perhelatan itu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu puluhan tenaga kesehatan (nakes) juga disiapkan. Mereka bersiaga demi kelancaran upacara pembukaan Papernas XIV itu.

Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) ke XVI ini diadakan di Jayapura, Papua. Ajang ini adalah tempat para atlet penyandang disabilitas dapat membuktikan eksistensinya juga berprestasi dalam berbagai ajang olahraga nasional maupun internasional.

Dalam Peparnas XVI Papua 2021 ini sebanyak 2.812 keping medali akan diperebutkan. Medali itu  terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu. Perebutan medali tersebut akan dipertandingkan di Papernas XIV ini dengan 640 nomor perlombaan dari 12 cabang olahraga.

Ajang ini diikuti oleh Sebanyak 3.609 atlet dari 33 provinsi di seluruh Indonesia kecuali Sulawesi Barat yang tidak mengirimkan kontingennya karena terkendala masalah teknis.

Tuan rumah Papua sendiri sebagai penyelenggara juga menargetkan juara umum pada kejuaraan ini. Untuk juara umum tahun lalu adalah Jawa barat.

Tag : olahraga, papernas xiv papua, palalimpiade, paralimpik, atlet difabel

Berita Terkait