Anggota Komisi I DPR Fadli Zon (Foto: Riau1.com)

Fadli Zon Sebut Menkominfo Johnny Pakai HP Nomor AS Usai Data Dibobol Bjorka

Michael Siburian | Nasional | 13-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) dikabarkan telah menggunakan nomor ponsel Amerika Serikat (AS) usai data pribadinya dibocorkan oleh peretas (Hacker) Bjorka.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi I DPR Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/09/2022).

"Menkominfo saja saya lihat, kan saya ada nomornya ganti nomor kalau tidak salah sekarang ganti nomor pakai nomor Amerika malah +1 gitu," tutur Fadli.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, langkah yang diambil oleh Johnny itu menunjukkan ketidakpercayaan dengan nomor di Indonesia.

Fadli menyebut hal ini akan membuat rakyat bertanya-tanya setelah para pejabat malah memakai nomor ponsel Amerika ketimbang produk dalam negeri.

"Ini kalau Kominfo saja pakai nomor Amerika bagaimana rakyat? Kan, tidak ada kepercayaan terhadap nomor kita yang ada di dalam negeri," ucap Fadli.

Rentetan serangan siber oleh hacker Bjorka masih terus berlanjut hingga saat ini. Belakangan dikabarkan Bjorka mengklaim telah membocorkan data pribadi milik Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Johnny G. Plate, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPRD Puan Maharani bahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Fadli Zon menilai kejadian ini menunjukkan perlindungan data di Indonesia masih sangat lemah.

“Negara kita dalam konteks dunia siber ini seperti tera incognito, seperti tak bertuan mudah sekali diretas, mudah sekali dibobol, diintervensi. Ini menurut saya persoalan sangat serius karena menyangkut masalah harga diri juga," kata Fadli.

Tag : #kebocoran data    #menkominfo    #nasional    #bjorka    #hacker    #fadli zon    #dpr   

Baca Juga