Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan Juara BAC 2022. (Dok. PBSI)

Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia: Indonesia Raih Satu Gelar Juara

Rini | Olahraga | 01-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Babak final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia telah selesai digelar pada Minggu (1/5) di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina. Indonesia hanya mempunyai dua wakil di babak final ini, yaitu Jonathan Christie wakil tunggal putra dan wakil ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. 

Sayangnya, Jonathan Christie yang merupakan andalan tunggal putra Indonesia gagal menaklukkan  wakil Malaysia, Lee Zii Jia. Bertanding dalam waktu 43 menit, Jojo takluk ditangan lawan dalam dua babak langsung dengan skor akhir 17-21 dan 21-23. 

Beruntung Pramudya/Yeremia yang juga berhadapan dengan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik berhasil unggul dengan skor 23-21, 21-10. Sehingga Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar juara dari turnamen ini.

Adapun final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia di sektor tunggal puti mempertemukan antara tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi melawan tunggal putri asal China, Wang Zhi Yi. Dalam duel ini, Wang Zhi Yi berhasil menang dengan skor akhir 21-15, 13-21 dan 19-21. 

Sedangkan laga ganda campuran mempertemukan dua wakil China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dengan Wang Yilyu/Huang Dongping. Laga ini berhasil dimenangkan Zheng/Huang dua gim langsung lewat skor 21-17 dan 21-8.

Kemudian laga ganda putri mempertemukan wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan melawan wakil Jepang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi. Pertandingan ini dimenangkan Chen/Jia dua babak langsung dengan skor 21-11 dan 21-15.

Daftar pemenang Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022:
1. Ganda Putra: Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia)
2. Tunggal Putra: Lee Zii Jia (Malaysia) 
3. Tunggal Putri Wang Zhi Yi (China)
4. Ganda Campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)
5. Ganda Putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China).

Tag : #bulu tangkis    #kejuaraan bulu tangkis asia    #olahraga    #babak final    #final kejuaraan bulu tangkis asia    #jojo    #pram yere   

Baca Juga