Ilustrasi

Ini 8 Fitur Rahasia WhatsApp dan Cara Menggunakannya

Wanovy | Teknologi | 08-10-2021

Kini hampir semua pengguna ponsel pintar memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sarana berkomunikasi. Meskipun banyak aplikasi komunikasi online serupa, namun WhatsApp ini lebih populer ketimbang aplikasi lainnya.

Melansir dari entrepreneur, WhatsApp lahir pada tahun 2009 dan sekarang menjadi layanan pesan instan paling aktif di dunia.

WhatsApp juga hadir dengan banyak fitur yang bisa digunakan penggunanya. Misalnya dapat menandai pesan penting lewat Starred Messages, yang membuat pengguna tak perlu repot mencari pesan tersebut nantinya.

Namun ada banyak fitur lagi yang mungkin pengguna belum tahu atau tidak mengetahui cara menggunakannya. Nah, berikut ini fitur-fitur rahasia yang bisa Anda gunakan di WhatsApp.

Disappearing Messages

Anda ingin punya pesan rahasia yang menghilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu? Berarti Anda harus menggunakan fitur ini. Pesan yang dikirimkan akan otomatis menghilang setelah tujuh hari dikirimkan.

Untuk mengaktifkannya, buka kontak yang ingin Anda bagi pesan rahasia. Lalu klik nama kontak di bagian atas layar setelahnya tekan Disappearing Messages dan pilih “On”.

Namun perlu diingat, pesan dan konten akan menghilang setelah fitur diaktifkan. Sementara gambar yang terkirim akan tersimpan di dalam ponsel pengirim dan penerima pesan secara otomatis.

Detail Pesan

Bagi Anda yang penasaran apakah pesan terkirim dan sudah dibaca, terdapat fitur untuk melihat informasi tersebut. Di tiap pesan akan terdapat detail info.

Bagi pengguna iPhone, bisa melihatnya dengan menggeser kiri pesan yang dikirim. Untuk pengguna Android bisa melihat info tersebut dengan menekan pesan dan akan muncul tombol menu berikutnya Info.

Export Chat

Jika Anda perlu untuk menyimpan chat dapat menggunakan fitur export chat. Untuk Android caranya dengan menekan tombol menu berikutnya pilih More dan masuk ke Export Chat.

Untuk iPhone, klik nama kontak dan berikutnya scrolling layar ke bawah hingga menemukan Contact Info. Terakhir pilih menu Export Chat.

Tidak Menyimpan Foto dan Video Otomatis

Akan menyebalkan bila memori ponsel dipenuhi dengan foto dan video yang dikirimkan kepada WhatsApp. Agar tak mengunduh secara otomatis dapat di cegah. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan aplikasi dan memilih Obrolan. Di sana, pilih menu menonaktifkan opsi visibilitas file multimedia.

Pesan Sementara

Anda juga dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara. Pesan yang dikirim akan menghilang sendiri setelah dibaca dan melewati batas waktu. Fitur ini berfungsi untuk melindungi informasi berharga. Untuk menggunakan fungsi ini caranya pilih nama kontak di dalam obrolan, kemudian pilih opsi Pesan lalu hidupkan mode Pesan Sementara.

Custom Notifikasi

Anda dapat mengatur suara notifikasi yang berbeda tiap kontak yang kamu miliki. Ini berlaku bagi WhatsApp di perangkat Android dan juga iOS.

Bagi pengguna Android dapat menggunakannya dengan menekan ikon Menu berikut pilih View Contact, selanjutnya ke Custom Notification serta centang bagian kontak dan selesaikan pengaturan. Sementara bagi pengguna iPhone dengan menekan nama kontak dan pilih Custome Tone.

Menghapus Pesan Secara Otomatis

Obrolan yang terlalu panjang akan mengambil porsi memori ponsel. Sementara menghapusnya secara berkala terkadang terasa merepotkan.

Mengutip CNET, untuk mengatasinya, WhatsApp mengeluarkan fitur di mana Anda bisa menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda perlu membuka obrolan WhatsApp yang dituju, ketuk nama kontak atau grup di bagian atas. Lalu aktifkan opsi “Disappearing Messages”.

Melihat siapa yang paling sering berkontak

Penasaran siapa teman terdekat Anda di WhatsApp? Anda bisa melihatnya dengan mudah.

Caranya sama, baik pada Android atau iPhone. Pertama buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke menu Setting, buka Data and Storage. Lalu buka Manage Storage dan Anda bisa melihat daftar kontak yang paling intens masuk ke WhatsApp Anda. Ketuk setiap kontak untuk melihat statistik lebih detail.

Lakukan pembaruan terlebih dahulu sebelum mengikuti cara mengaktifkan fitur rahasia WhatsApp di atas. Selamat mencoba!

Tag : #teknologi    #tips    #apps    #whatsapp   

Baca Juga