Maff Air Flow (MAF) sensor

Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Sensor MAF Pada Mobil

Sondang | Otomotif | 03-02-2022

PARBOABOA, Siantar – Dalam dunia otomotif, ada yang namanya Maff Air Flow (MAF) sensor pada mobil. Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa fungsi komponen tersebut. Tenang saja, Parboaboa akan mengupas tuntas mengenai fungsi dan fungsi cara kerja MAF pada mobil.

Maff Air Flow (MAF) sensor merupakan salah satu komponen yang ada pada mobil dengan sistem EFI atau Electronic Fuel Injection, tepatnya pada tipe L (L-EFI) dan D (D-EFI).

Sensor ini berfungsi sebagai pengatur atau pembaca berapa yang harus disesuaikan antara bensin dan udara, serta kapan saatnya percikan api dari busi dan semburan bensin, sehingga menciptakan momentum pembakaran yang sempurna. 

MAF akan memberikan output data kepada Electronic Control Unit (ECU) guna membaca dan menerima sejumlah udara yang akan masuk ke ruang bakar. ECU kemudian menentukan momentum percikan api dan besaran semburan bensin.

Pada mobil dengan sistem EFI tipe L, MAF sensor dilengkapi dengan sebuah IAT (Intake Air Temperature) sensor. Sedangkan pada mobil EFI tipe D, IAT sensornya terpisah namun tetap diletakkan berdekatan.

Besaran udara yang masuk ke ruang bakar menyesuaikan bukaan throttle valve. Semakin besar katup terbuka, maka semakin banyak udara yang masuk. Sebaliknya, semakin kecil katup, maka semakin sedikit udara yang masuk.

Aliran udara yang masuk ke ruang bakar juga akan memengaruhi sinyal output MAF sensor menuju ECU (Engine Control Unit). Perubahan sinyal output bisa terjadi karena adanya perubahan tahanan yang terjadi.

Untuk bisa bekerja, fungsi MAF sensor itu harus disokong dengan kawat thermistor dan hot wire. Thermistor adalah kawat dengan ketahanan variatif, mengikuti suhu di sekitarnya. Kawat inilah yang digunakan untuk mengetahui suhu udara pada IAT sensor.

Sementara itu, hot wire adalah kawat panas. Panas pada kawat dihasilkan dari arus listrik yang mengalir terus menerus. Dengan memanfaatkan panas inilah MAF sensor dapat mengetahui perubahan aliran udara.

Pada saat kontak mobil dalam posisi ON, arus listrik akan mulai mengalir menuju hot wire. Aliran listrik ini kemudian membuat suhu hot wire meningkat.

Lalu saat mesin dinyalakan, maka aliran udara akan masuk dari filter melalui IAT sensor. Aliran udara ini menyebabkan suhu hot wire turun. Dengan begitu, bisa diketahui berapa besaran udara yang masuk ke ruang bakar mobil.

Itulah mengenal fungsi dan cara kerja sensor MAF pada mobil.

Tag : #maff air flow    #mobil    #otomotif   

Baca Juga