Balapan World Superbike (WSBK).

Gelaran WSBK Mandalika, Penonton Dibatasi dengan Syarat Prokes Ketat

Maraden | Olahraga | 13-10-2021

PARBOABOA –  Sirkuit Mandalika Lombok akan menggelar ajang balapan motor kelas dunia World Super Bike (WSBK) pada 19 - 21 November 2021 nanti. Ajang tersebut merupakan ajang internasional yang pertama digelar di Mandalika International Circuit.

Penjualan tiket nonton ajang WSBK di Sirkuit Mandalika itu akan mulai dibuka pekan depan. Panitia penyelenggara akan menjual secara daring sebanyak 25 ribu tiket melalui Xplorin Indonesia. Hal itu sesuai kapasitas maksimal yang telah ditetapkan pemerintah, yakni 25.000 orang.

Sebenarnya kapasitas penonton yang dapat ditampung di sirkuit Mandalika adalah sebanyak 168 ribu orang, namun pemerintah memberlakukan pembatasan terkait protokol kesehatan Covid-19.

Ajang yang akan digelar di Sirkuit Internasional kebanggan Indonesia itu dikelola oleh MGPA (Mandalika Grand Prix Association) selaku anak perusahaan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang diawasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Dinas Pariwisata Yusron Hadi menyatakan bahwa mereka telah menggelar rapat kordinasi secara virtual dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Selasa 12 Oktober 2021 sore.

Rapat itu memutuskan terkait persyaratan yang harus dipenuhi calon penonton untuk dapat hadir langsung menontan ajang WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Nantinya, kata Yusron, setiap penonton yang hadir harus sudah mendapatkan dua kali dosis vaksin Covid-19 dan juga melakukan tes PCR.

"Semuanya ditetapkan pekan depan. Untuk mendapatkan tiket harus dipastikan sudah vaksin dan PCR," kata Yusron.

Direktur Strategic dan Komunikasi MGPA Happy Harinto menyebutkan ajang WSBK di Sirkuit Mandalika ini akan menjadi seri penutup yang berlangsung 19 - 21 November 2021.

Selanjutnya MGPA akan menggelar tes pra musim MotoGP pada 11 - 13 Februari 2022. Setelah itu Mandalika akan menggelar seri kedua ajang MotoGP 2022 tahun depan pada Maret 2022.

Sirkuit Mandalika Dibangun dengan anggaran Rp 1,3 triliun dan selesai dalam waktu 1,5 tahun. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer dengan 17 tikungan, sebelas ke kanan dan enam ke kiri. Sesudah melewati tikungan ke-10, terdapat lintasan lurus sepanjang 198 meter dengan view pantai Seger di dalam kawasan wisata Mandalika.

Tag : #olahraga    #wsbk    #mandalika    #lombok    #kemenparekraf    #mgpa    #nusa tenggara barat   

Baca Juga