Gibran Rakabuming Raka

Gibran Jadi Ketua Panitia ASEAN Para Games 2022

Sondang | Olahraga | 25-01-2022

PARBOABOA, Solo – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka ditunjuk menjadi ketua panitia penyelenggara ASEAN Para Games atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) tahun 2022.

Itu karena Solo menjadi tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 menggantikan Vietnam. Hal ini tercantum dalam keputusan yang dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada tanggal 14 Januari 2022

Meski demikian, APSF masih menunggu surat Indonesia bebas sanksi doping dari WADA hingga tanggal 15 Februari 2022.

Kembali ke Gibran, penunjukkan itu terjadi usai pertemuan di kantor pusat NPC yang dihadiri Ketua Umum NPC Senny Marbun dan Wakil Sekjen NPC Rima Ferdianto.

"Kita percaya Mas Gibran mau bantu. Akhirnya kita sepakati beliau jadi ketua penyelenggara, dan beliau mau," ujar Senny.

"Kita sangat butuh bantuan Mas Gibran ini, agar Indonesia sukses jadi penyelenggara ASEAN Para Games 2022," tambahnya.

Di sisi lain, Gibran mengaku bangga sekaligus tertantang karena Solo ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Menurutnya, ini adalah kepercayaan luar biasa bagi kota Solo.

"Saya mendapatkan berita baik dari Ketua NPCI di mana kita dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kepercayaan ini luar biasa sekali bagi kota Solo," ucap Gibran.

"Tadi saya mendapatkan amanat untuk menjadi Ketua INASPOC. Nantinya dalam waktu enam bulan ke depan, kami akan koordinasikan venue-venue yang kurang baik untuk direnovasi. Solo sudah siap untuk menggelar event internasional dan ini sangat luar biasa," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Gibran menuturkan venue-venue yang digunakan untuk ASEAN Para Games 2022 tidak saja berlokasi di Solo, tetapi juga di Solo Raya.

"Nantinya venue tidak hanya di kota Solo saja, tetapi juga ada di Karanganyar dan Boyolali yang sudah siap. Kita juga akan berkoordinasi dengan kepala-kepala daerah Solo Raya demi kesuksesan ajang ini," ujar Gibran.

Menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 merupakan kesempatan kedua Indonesia menggelar APG. Sebelumnya pada tahun 2011, Indonesia juga pernah menggelar APG yang juga diadakan di kota Solo.

Rencananya, ASEAN Para Games ke-11 akan diadakan di Solo pada tanggal 20-31 Juli 2022. Selain akan ngebut melakukan persiapan venue, NPCI juga terus melakukan persiapan atlet dengan menggelar Pelatnas.

Tag : #gibran rakabuming    #asean para games 2022    #olahraga   

Baca Juga