Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (dok Kompas.com)

Gibran Tolak Jokowi 3 Periode: Kalau Ada Demo Saya Ikut

Rini | Nasional | 12-04-2022

PARBOABOA, Solo - Demo penolakan perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi berlangsung di sejumlah kota kemarin, Senin (11/4). Para demonstran menyuarakan tuntutan mereka agar Pemilu berlangsung sesuai dengan jadwal tanpa ada penundaan pada tahun 2024 mendatang.

Ternyata tak hanya mahasiswa dan masyarakat yang menolak wacana tersebut, anak sulung Jokowi pun menyuarakan hal yang sama. Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo mengatakan, siap ikut bergabung dalam aksi unjuk rasa serupa untuk menolak perpanjangan masa jabatan ayahnya.

“Kabari saya kalau ada demo, tak melu (mau ikut) nolak. Menolak 3 periode,” kata Gibran, Selasa (12/4/2022).

Namun Gibran menegaskan jika tidak ada penundaan Pemilu, karena pemerintah pusat telah menyiapkan Pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada 14 April 2024 mendatang.

"Kan sudah jelas loh, Pemilunya nggak ditunda, tanggalnya sudah jelas," tutur Gibran.

Oleh karena itu, dia meminta agar masyarakat tidak lagi mempermasalahkan terkait isu wacana Jokowi 3 Periode maupun penundaan Pemilu 2024.

Wali Kota Solo tersebut tak mempermasalahkan jika mahasiswa melakukan demo, karena menurutnya demo adalah bagian dari demokrasi. Namun dia berharap saat menyampaikan aspirasi tidak terjadi tindak kekerasan.  

Dia mengatakan bahwa semua aspirasi yang disampaikan para demonstran akan ditampung oleh pihaknya.

“Semua aspirasi kami tampung, saya tuh ngikuti konstitusi," ujarnya.

Tag : #gibran rakabuming    #tolak jokowi 3periode    #nasional    #walikota solo    #pemilu 2024   

Baca Juga