ilustrasi

Google Baru Saja Luncurkan Fitur Menghapus Riwayat Pencarian 15 Menit

sondang | Teknologi | 17-07-2021

Google telah meluncurkan privasi baru untuk pencariannya. Lewat fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk menghapus riwayat pencarian 15 menit terakhir mereka di Chrome mobile.

Mengutip The Verge, Jumat (16/7/2021), opsi baru ini pertama diungkap bersama dengan beberapa update lainnya pada Chrome, dalam ajang I/O 2021. Kini, opsi tersebut tersedia untuk lebih banyak pengguna.

Dikutip dari blog Google, kontrol auto-delete riwayat pencarian yang dapat dipilih pengguna kini makin beragam. Misalnya hapus otomatis riwayat pencarian 3, 18, atau 36 bulan terakhir dan terbaru 15 menit terakhir.

Dengan opsi ini, seluruh riwayat pencarian akan dihapus sesuai waktu yang dipilih. Jika memililh menerapkan hapus otomatis hasil pencarian 15 menit terakhir, riwayat pencarian 15 menit terakhir akan dihilangkan.

Fitur ini juga sudah tersedia untuk Aplikasi Google di iOS dan di Android pada akhir tahun ini.

Google mengatakan, pihaknya hanya melacak riwayat pencarian pengguna untuk "mempersonalisasi" pengalaman pengguna saat pengaturan "Aktivitas Web dan Aplikasi" diaktifkan.

Bagi pengguna adanya opsi untuk menghapus riwayat pencarian otomatis dalam 15 menit terakhir tentu sangat berguna. Hal ini juga berarti pengguna bisa mendapatkan banyak manfaat, misalnya saat tak ingin pencarian tertentu dilihat orang lain.

 

Sumber: Liputan6

Tag : #internasional    #teknologi    #nasional   

Baca Juga