Mobil operator Google Maps Street View

Google Street View Minta Maaf dan Hapus Foto yang Diprotes Warga

Maraden | Nasional | 28-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Google Indonesia meminta maaf terkait fitur Google Maps yang dinilai melampaui batasan. Permintaan maaf itu diutarkan setelah banyak warga protes terkait pemetaan Google Street View yang dianggap melanggar privasi.

Manajer Komunikasi Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan bahwa masalah ini adalah kesalahpahaman. Menurut dia, seharusnya keberadaan mobil yang mengambil pemetaan Google Street View hanya menampilkan foto properti publik saja.

"Terjadi sebuah kesalahpahaman dan kami memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami warga setempat," kata Feliciana, Kamis (28/10/2021).

Feliciana juga mengkonfirmasi bahwa Pihak Google telah menghapus gambar street view yang diprotes oleh warga dari Google Street View. Terkait masalah ini, dikatakan Feliana bahwa pihak Google akan melakukan peninjauan ulang mengenai prosedur pemetaan Google Street View untuk menghindari kesalahan yang sama di masa mendatang.

“Perlu saya klarifikasi, segera setelah kami mengetahui masalah ini,  gambar street view yang diprotes sudah tidak ada di Street View ya," ungkap Feliciana.

•        Diprotes Warga

Sebelumnya Viral di media sosial seorang warga Tangerang yang keberatan karena kompleks rumahnya difoto oleh operator Google Street View (GSV). Dalam cuitannya yang viral di Twitter, warga yang bernama Khairul Anam itu pun menyebut Google telah melanggar hak privasi.

Khairul Anam yang merupakan warga Kabupaten Tangerang mengatakan kronologi awal saat tim GSV masuk ke kompleks tempat dia tinggal dengan membawa peralatan kamera. Khairul kemudian minta surat izin kepada tim GSV itu. Saat dilihat, surat yang dibawa GSV adalah surat pernyataan support dari Kantor Staff Presiden yang diteken pada tahun 2018. Aksi protes Khairul itu kemudian mendapat dukungan dari para netizen.

"Aada sebuah mobil dilengkapi dengan alat kamera masuk kedalam kompleks. Pas saya minta lihat surat izin, dia menunjukkan surat dukungan dari deputi KSP yang ditandatangani tahun 2018," kata Khairul, Minggu (24/10/2021).

Google Street View adalah fitur Google yang disediakan bersama Google Maps dalam bentuk foto panorama 360 derajat yang bisa memperlihatkan kondisi nyata jalanan atau alamat tertentu di dalam peta. Di samping itu, Google Street View juga dapat memperlihatkan bagian depan bangunan atau objek lain. Proyek jangka panjang Google ini bisa memperlihatkan kondisi nyata jalanan di berbagai wilayah Indonesia.

Tag : nasional, google maps, street view, google indonesia, mobil google maps

Berita Terkait