Presiden Jokowi saat meresmikan Pabrik Biodiesel milik Haji Isam.

Haji Isam, Crazy Rich Kalsel Pemilik Pabrik Biodiesel yang Diresmikan Jokowi

Maraden | Nasional | 22-10-2021

PARBOABOA – Andi Syamsuddin Arsyad atau lebih dikenal dengan Haji Isam dikenal sebagai orang terkaya di pulau Kalimantan hinha dijuluki Craizy Rich Kalimantan. Dia adalah pemilik banyak perusahaan mulai dari bidang perkebunan sawit, pertambangan batu bara dan juga otomotif.

Baru-baru ini Haji Isam banyak disoroti saat Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR) milik Haji Isam di Kalimantan Selatan, pada Kamis (20/10/2021) kemarin.

Pabrik pengelola minyak sawit mentah (CPO) yang menelan investasi sebesar Rp 2 triliun itu, memiliki kapasitas pengolahan biodiesel sebanyak 1.500 ton per harinya.

Namun yang menyebabkan nama Haji Isam banyak disorot karena dia sebelumnya pernah terkait dengan kasus dugaan suap terhadap pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah menggeledah PT. Jhonlin Baratama milik Haji Isam lantaran kasus dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait dengan pemeriksaan perpajakan tahun 2016 dan 2017 pada Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan atau Kemenkeu.

Melalui Berita Acara Pengadilan (BAP) terungkap bahwa dalam pertemuan antara tim pemeriksa pajak dengan konsultan PT Jhonlin Baratama Agus Susetyo ada permintaan pengondisian pajak perusahaan sebesar Rp10,68 miliar. Tak hanya itu, PT Jhonlin Baratama disebut mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Angin Prayitno Aji menjanjikan akan memberikan uang sebanyak Rp50 miliar agar kewajiban pajak perusahaan direkayasa.

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan tersebut seharusnya membayar pajak sebesar Rp63,66 miliar. Namun, setelah melalui negosiasi dengan pejabat perpajakan Yulmanizar, pajak perusahaan yang dibayarkan hanya sebesar Rp10,68 miliar.

Dalam kasus tersebut, Prayitno Aji bersama 5 orang lainnya menjadi tersangka dalam kasus suap pemeriksaan pajak tahun 2016 dan 2017.

Haji isam adalah pengusaha kelas kakap di Batu Licin, Kabupaten Tanah Tumbu, Kalimantan Selatan.Kini dia memiliki kerajaan bisnis bernama PT Jholin Grup dengan anak usaha PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan juga PT Jhonlin Air Transport.

Pada masa pilpres 2019, Haji isam diketahui pernah menjadi Wakil Bendahara Tim Kampanye Jokowi – Amin.

Tag : nasional, haji isam, kasus suap haji isam, presiden jokowi, crazy rich kalimanta

Berita Terkait