Ilustrasi

Harganya Sempat Meroket, Kripto SQUID Dituding Penipuan

Wanovy | Teknologi | 03-11-2021

Token digital yang terinspirasi oleh serial Netflix asal Korea Selatan, Squid Game telah kehilangan hampir semua nilainya karena dinyatakan sebagai penipuan. Seperti yang dilaporkan BBC, Selasa (2/11/2021), token Squid Game (SQUID) dikritik karena tidak mengizinkan orang untuk menjual kembali token mereka.

SQUID, yang memasarkan dirinya sebagai "cryptocurrency play-to-earn", telah mengalami lonjakan harga dalam beberapa hari terakhir ini. Nilai koin ini bahkan meroket ribuan persen.

Mata uang kripto Squid Game (SQUID) yang mendadak muncul pada Oktober lalu, sempat meroket dan menyentuh harga tertinggi 2.861 dollar AS atau sekitar Rp 40,7 juta per keping.

Sayangnya ini tidak berlangsung lama, data dari CoinMarketCap melaporkan kripto SQUID ini diperdagangkan dengan harga 0 dollar AS pada Senin (1/11/2021) waktu setempat.

Penipuan ini dikenal dengan istilah ‘rug pull’. Artinya, sang pencipta atau pengembang koin crypto mencairkan semua koin, ditukar dengan uang asli. Alhasil, nilai koin crypto ini langsung menyusut.

Dalam kasus ini, pihak pembuat koin kripto Squid Game mencairkan koin mereka dan menukarkan dengan uang sungguhan.

Minggu lalu, Netflix sempat memastikan kepada CNN Business bahwa pihak mereka tak berafiliasi sama sekali dengan kripto tersebut.

Diperkirakan para pembuat kripto Squid Game mengantongi sekitar 2,1 juta dollar AS (sekitar Rp 29,9 miliar) dari pencurian ini. CoinMarketCap mencatat, sebelum adanya aktivitas rug pull ini, kapitalisasi pasar uang kripto Squid Game bahkan berada di atas 2 juta dollar AS.

Saat pertama kali hadir, kripto Squid Game (SQUID) ini mengundang perhatian publik. Tak sedikit dari trader yang berbondong-bondong menginvestasikan dana mereka untuk membeli mata uang kripto dengan logo cumi-cumi ini.

SQUID meluncur pada Oktober dengan harga sebesar 0,01 dollar AS. Hanya dalam waktu singkat, nilai koin ini meroket seketika dan menyentuh harga tertinggi 2.861 dollar AS atau sekitar Rp 40,7 juta.

Namun euforia tersebut tidak berlangsung lama. Pada pukul 5.40 pagi waktu setempat, nilai koin tersebut mendadak merosot ke level 0,003222 dollar AS.

Mata uang kripto "Play-to-earn" sendiri merupakan tempat orang membeli token untuk digunakan dalam game daring dan dapat memperoleh lebih banyak token yang nantinya dapat ditukar dengan mata uang kripto lain atau mata uang nasional.

Selasa lalu, SQUID diperdagangkan hanya dengan 1 sen. Dalam waktu kurang dari seminggu, harganya melonjak menjadi lebih dari US$ 2.856 (Rp 40,7 juta).

“Nilainya kini anjlok 99,99%,” kata situs data mata uang kripto CoinMarketCap.

Untuk diketahui, Squid Game ini menceritakan kisah sekelompok orang yang dipaksa memainkan game mematikan anak-anak demi uang. Permainan itu akan ditayangkan bulan ini.

Namun, para ahli mata uang kripto telah memperingatkan beberapa tanda bahwa kemungkinan itu adalah penipuan. Sinyal yang paling jelas adalah bahwa orang yang membeli token Squid tidak dapat menjualnya.

Tag : teknologi, kripto, squid, penipuan

Berita Terkait