Bali United naik ke puncak klasemen setelah pesta gol ke Persipura (Foto: Twitter/@liga1match)

Hasil BRI Liga 1: Pesta Gol Lawan Persipura, Bali United Naik Ke Puncak Klasemen

Michael | Sepakbola | 25-02-2022

Parboaboa.com – Bali United sukses naik puncak klasemen BRI Liga 1 2021/2022 memasuki pekan ke-27. Serdadu Tridatu sukses pesta gol dengan skor kemenangan 4-1 kontra Persipura Jayapura di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (24/2/2022) malam.

Persipura sebenarnya jadi tim yang tampil agresif di awal pertandingan. Mereka bahkan memberi ancaman kepada Bali United dalam waktu yang berdekatan lewat Irsan Lestaluhu (4’) dan Nyoman Ansanay (7’). Tapi, dua tembakan itu tidak mengarah ke gawang.

Berikutnya di menit kedelapan, kiper Nadeo Argawinata dibuat kerepotan oleh pemain Persipura. Sebanyak dua tembakan ke gawang terjadi hanya selisih beberapa detik saja, yakni sepakan Irsan dan Ricky Cawor. Beruntung Nadeo mampu memblok semua tembakan itu. 
Bali United membalas lewat tendangan sudut yang dikirim oleh Stefano Lilipaly. Umpannya mengarah langsung ke Ilija Spasojevic yang meneruskannya dengan tandukan di menit ke-12. Sayang, kiper Dede Sulaiman bisa mengamankan dengan kaki kanan.

Berikutnya, Bali United yang mengambil kendali permainan. Para pemain Serdadu Tridatu bergantian melakukan tembakan, seperti Brwa Nouri, Eber Bessa, hingga Privat Mbarga. Tapi belum ada yang menghasilkan gol.

Spasojevic kembali mendapat kesempatan mencetak gol setelah memanfaatkan umpan lambung dari Brwa Nouri di menit ke-38. Dia mampu mendribel bola sampai kotak penalti lawan. Sayang, sepakannya mengenai tiang gawang Persipura.

Hanya semenit berselang, giliran Persipura yang memberi ancaman berkat Nyoman Ansanay memberi bola kepada Yevhen Bokhasvili. Tembakan Yevhen mengarah ke gawang, tapi masih bisa diblok oleh Nadeo.

Bali United akhirnya mencetak gol berkat Spasojevic di menit ke-42. Dia mampu menerima umpan silang Lilipaly di kotak penalti dan melepas tendangan pelan yang gagal dibendung Dede. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk Serdadu Tridatu.

Tak butuh waktu lama buat Bali United untuk memberi tekanan kepada Persipura di awal babak kedua. Baru di menit ke-48, Spasojevic mengancam dengan memanfaatkan sepak pojok Ricky Fajrin. Tapi, sundulannya mengenai mistar.

Semenit kemudian, Bali United menggandakan keunggulan. Berawal dari umpan tendangan bebas Ricky, bola disundul oleh Spasojevic dan melambung di udara. Willian Pacheco yang berada di kotak penalti langsung menyundulnya ke arah gawang Persipura yang kosong. 
Belum lama dari gol itu, Serdadu Tridatu kembali bersorak. Kali ini giliran Lilipaly yang mencetak gol dengan memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan oleh Andhika Wijaya. Lewat tendangan setengah voli, Lilipaly merobek gawang Persipura di menit ke-53.

Unggul tiga gol membuat Bali United menurunkan tempo permainan. Hal ini dimanfaatkan oleh Persipura untuk menyerang. Yevhen mendapat kesempatan mencetak gol lagi di menit ke-62, tapi sepakannya belum menemui sasaran.

Serangan bertubi-tubi kembali mengarah ke gawang Nadeo di menit ke-72. Dua tembakan dari Brian Fatari dan Ricky Cawor mengancam ke gawang Bali United. Beruntung, Nadeo mampu melakukan dua penyelamatan juga.

Bali United kembali membobol gawang Persipura di menit ke-78. Kali ini Lilipaly mengirim umpan tendangan penjuru ke arah kotak penalti. Bola umpannya dimanfaatkan dengan sundulan oleh Eber Bessa yang membuat jala gawang Mutiara Hitam bergetar lagi.

Persipura sempat mencetak gol hiburan di menit ke-88. Elisa Basna jadi aktornya berkat umpan dari Gunansar Mandowen. Sepakannya sempat mengenai Ahmad Agung sebelum berbelok dan masuk ke gawang Bali United.

Tak ada tambahan gol sampai wasit Fariq Hitaba meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Bali United mampu mengemas poin penuh berkat kemenangan besar dengan skor 4-0 ini.

Kemenangan ini membuat Bali United menduduki puncak klasemen dengan 57 poin, mengungguli Arema (55 poin) yang selama beberapa pekan terakhir ada di posisi itu. Pasangan Persipura tetap terjebak di zona merah, tepatnya posisi ke-16 mengoleksi 22 angka.

Susunan Pemain Bali United vs Persipura Jayapura

  • Bali United (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper); Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (belakang); Brwa Nouri, Sidik Saimima, Eber Bessa (tengah); Privat Mbarga, Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly (depan)
  • Pelatih: Stefano Cugurra Teco
  • Persipura (4-4-2): Dede Sulaiman (kiper); Nyoman Ansanay, Yustinus Pae, Wulf Horota, David Rumakiek (belakang); Theo Fillo Numberi, Evraim Toncy Awes, Takuya Matsunaga, Irsan Lestaluhu (tengah); Yevhen Bokhasvili, Ricky Cawor (depan)
  • Pelatih: Angel Alfredo Vera
     
Tag : #Hasil BRI Liga 1    #Bali United    #Persipura    #Ilija Spasojevic   

Baca Juga