Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan (Foto: PSSI)

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Kalahkan Vietnam, Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2023!

Michael | Sepakbola | 19-09-2022

PARBOABOA – Timnas Indonesia U-20 sukses mengalahkan Vietnam U-20 di laga ketiga Grup F Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu, (18/9) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong menang dengan skor 3-2 meski sempat tertinggal 2-1.

Gol-gol Indonesia U-20 dicetak oleh Marselino Ferdinan, Muhammad Ferrari, dan Rabbani Tasnim. Sementara gol Vietnam U-20 dibuat oleh gol bunuh diri Ferrari dan Dinh Xuan Tien.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-20 menjadi pemuncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan raihan sembilan poin. Tim Merah Putih pun lolos ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-20, dengan dukungan meriah para suporter, langsung berusaha menekan Vietnam lebih dahulu. Namun sang lawan mampu bertahan dengan baik.

Peluang akhirnya didapat pada menit ketiga. Umpan silang dari kanan disambar oleh Ronaldo dan dihalau kiper lawan. Bola rebound kemudian disambar Hokky Caraka. Sayangnya ia gagal mengontrol bola dengan baik dan itu membuat bek Vietnam bisa mengamankan areanya.

Menit kesembilan, serangan cantik dibangun skuat Merah Putih di sisi kiri Vietnam. Umpan satu dua antara tiga pemain membuat Ronaldo bisa menembus kotak penalti. Sayang bola kemudian keluar lapangan. Duel kemudian berlangsung dengan intens dan panas. Benturan antar pemain pun terjadi. Namun Indonesia tetap bisa menguasai jalannya laga.

Vietnam sempat melepas tembakan pada menit ke-21. Namun bola melambung tinggi dari sasaran.

Menit ke-24, Vietnam kembali menyerang lagi. Kali ini cukup berbahaya. Serangan dari kanan masuk dan bola diumpan balik ke tengah. Bola kemudian ditendangan dengan keras dari luar kotak penalti. Untungnya, bola malah membentur rekan sendiri dan bergulir keluar lapangan.

Menit ke-27 peluang emas didapat Indonesia U-20. Dari lemparan ke dalam bola, Hokky Carakan mendapat bola rebound di depan gawang. Ia menanduk bola membelakangi kiper. Sayangnya bola melebar tipis ke samping kanan gawang Vetnam U-20.

Menit ke-28, jantung Shin Tae-yong berdegup sangat kencang. Sebab serangan Vietnam menembus sisi kanan Indonesia U-20. Kiper Aditya ternyata maju keluar kotak penalti meski masih ada dua pemain Merah Putih yang ikut mengejar bola. Ia melakukan sliding tackle dan mengenai kaki lawan. Untungnya serangan itu offside dan Aditya juga terhindar dari kartu.

Menit ke-35 Frengky Missa maju ke depan dari sayap kiri. Ia menyambut umpan diagonal dari kanan. Ia mencoba melepas tembakan first time dengan kaki kirinya. Sayangnya sentuhannya tak akurat dan bola keluar lapangan saja.

Tempo pertandingan kemudian sedikit menurun. Duel pun berlangsung dengan alot. Indonesia memang berusaha menekan tapi cukup kesulitan menembus pertahanan Vietnam.

Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai turun minum. Indonesia U-20 0-0 Vietnam U-20.

Di babak kedua, Indonesia U-20 langsung membuat pergantian pemain. Marselino Ferdinan masuk, menggantikan Ronaldo Kwateh.

Namun pergantian ini tampak tak memberikan perubahan signifikan pada permainan Merah Putih dalam 10 menit pertama. Justru Vietnam yang bisa beberapa kali menekan pertahanan armada Shin Tae-yong.

Namun selepas itu permainan Indonesia U-20 membaik. Mereka bisa sedikit mengontrol jalannya laga. Gol pun akhirnya dicetak pada menit ke-60. Marselino Ferdinan sukses menjebol gawang Vietnam dengan tendangan kerasnya dari luar kotak penalti, usai mengecoh satu pemain lawan. Skor 1-0!

Menit ke-62 Vietnam mendapat peluang emas. Serangan balik mereka membuat pemain nomor 9 bisa melepas tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, usai mendapat umpan dari sisi kiri. Namun bola bisa ditahan oleh Aditya dan bola rebound bisa dihalau Dimas.

Satu menit kemudian, Indonesia mendapat peluang emas dari serangan balik. Namun peluang ini masih bisa dimentahkan kiper Vietnam.

Menit ke-65, gawang Indonesia akhirnya bisa menyamakan skor. Serangan dari kanan gagal dibendung. Ferrari kemudian mencetak gol bunuh diri saat berusaha memotong umpan datar lawan. Skor imbang 1-1.

Menit ke-68 Vietnam mengancam lagi. Serangan dari kiri masuk dan salah satu pemain depan mereka melepas sepakan keras kaki kiri dari ujung kotak penalti. Untung bola masih bisa diblok oleh Aditya.

Indonesia U-20 melakukan pergantian pemain. Tiga amunisi baru langsung masuk. Tapi Vietnam U-20 malah bisa mencetak gol pada menit ke-79 melalui serangan balik. Gawang Aditya dijebol oleh tendangan Dinh Xuan Tien dari dalam kotak penalti. Skor 1-2 Vietnam unggul.

Tapi Indonesia U-20 berhasil merespon dengan cepat. Menit ke-80, Ferrari menjebol gawang Vietnam, memaksimalkan umpan tendangan sudut dari sisi kanan. 2-2!

Menit ke-84, Indonesia U-20 akhirnya bisa melakukan comeback. Rabbani Tasnim, salah satu dari tiga pemain pengganti, bisa mencetak gol. Ia meneruskan bola tembakan Alfriyanto Nico yang menusuk masuk dari sayap kanan. 3-2!

Duel kemudian berlangsung menegangkan, apalagi lawan berusaha menekan demi mencetak gol balasan. Namun mereka gagal menjebol gawang Aditya sampai laga berakhir. Indonesia U-20 akhirnya menang dengan skor 3-2 atas Vietnam U-20!

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam U-20

  • Indonesia U-20: Aditya Arya Nugraha; Muhammad Ferrari, Robi Darwis, Dimas Pamungkas; Kakang Rudianto, Zanadin Fariz, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Frengky Missa; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh
  • Vietnam U-20: Cao Van Binh; Ho Van Cuong, Tran Ngoc Son, Nguyen Bao Long, Nguyen Duc Anh; Dinh Xuan Tien, Nguyen Duc Phu, Khuat Van Khang, Nguyen Thanh Nhan; Bui Vi Hao, Nguyen Quoc Viet
Tag : #kualifikasi piala asia u-20    #timnas indonesia    #sepakbola    #vietnam    #pssi    #marselino ferdinan    #afc    #shin tae yong   

Baca Juga