Penampakan Puing Helikopter Bell Jatuh di Timika Papua (dok desius/tvOne)

Helikopter Puskesmas Jatuh di Timika, Seorang Penumpang Balita Hilang

Rini | Nasional | 08-06-2022

PARBOABOA, Timika - Helikopter Puskesmas yang digunakan masyarakat di wilayah Kabupaten Mimika jatuh di wilayah Timika, Papua pagi tadi, Rabu (8/6).

Dari laporan yang diterima, Helikopter Pusling jenis Bell 412 SP registrasi PK-DAR berangkat dari wilayah pedalaman di Distrik Jila sekitar pukul 09.00 WIT, dengan membawa 11 orang  penumpang dan kru, termasuk seorang ibu yang akan melahirkan.

"Helikopter tersebut mengangkut 11 penumpang terdiri dari tiga awak pesawat, lima orang (penumpang) dan tiga tim medis," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Rabu (8/6).

Penerbangan dijadwalkan akan memakan waktu sekitar 15 menit, untuk tiba di Timika. Namun sampai pukul 09.25 WIT Puskesmas Mimika tak mendapat laporan lebih lanjut terkait penerbangan tersebut, sehingga dikoordinasikan dengan tim SAR, Polres Mimika, Kodim dan Angkatan Udara.

"Menanggapi laporan tersebut, diberangkatkan tiga helikopter untuk melakukan pencarian terhadap heli tersebut," jelasnya.

Sekitar pukul 16.30 WIT, helikopter nahas itu berhasil ditemukan terjatuh di antara pepohonan.

Saat evakuasi dilakukan, ditemukan 10 orang penumpang helikopter tersebut. Sementara seorang balita yang berusia 2 hingga 3 tahun dilaporkan terlempar dari helikopter dan menghilang.

Proses pencarian anak tersebut terpaksa dihentikan untuk sementara karena hari sudah menjelang malam, sehingga akan dilanjutkan besok.

"Besok Tim SAR gabungan dari Kabupaten Mimika dan TNI-Polri akan melalukan pengecekan dan pencarian disekitar lokasi," tandasnya.

Helikopter puskesmas adalah program dari Pemda Mimika yang digunakan untuk evakuasi masyarakat yang sakit dipedalaman daerah.

Dari foto-foto yang beredar, terlihat helikopter jatuh menimpa pepohonan hingga ringsek dan rusak parah, kaca helikopter juga pecah.

Tag : #helikopter jatuh    #helikopter puskesmas    #nasional    #papua    #mimika    #balita hilang   

Baca Juga