Ilustrasi Rem mobil (Momobil.id)

Penyebab dan Cara Mencegah Rem Mobil Agar Tidak Blong

Dimas | Otomotif | 09-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Seiring banyaknya kasus kecelakaan mobil di jalan raya, rem blong diketahui menjadi salah satu alasan yang sering terdengar sebagai penyebabnya.

Rem merupakan salah satu komponen penting yang berguna untuk mengendalikan laju pada mobil. Bisa Anda bayangkan, betapa bahayanya jika rem mengalami blong saat sedang berkendara di jalan raya.

Untuk itu, sangat penting mengetahui penyebab rem blong, terutama bagi Anda yang memiliki mobil sebagai alat berkendara.

Penyebab Rem Mobil Blong

1. Kurangnya Minyak Rem

Penyebab pertama dari masalah rem blong adalah kekurangan minyak rem. Kondisi ini membuat sistem pengereman mobil menjadi semakin sulit untuk dikendalikan. Alhasil, ketika mobil melaju dan ingin dihentikan, maka rem tidak akan bekerja maksimal. Mobil menjadi sulit berhenti, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan ketersediaan minyak rem dalam kondisi yang cukup

2. Kualitas Minyak Rem yang Buruk

Minyak rem terdiri dari berbagai macam merek. Tentu saja hal ini membuat kualitas yang dihadirkan juga berbeda-beda. Kondisi ini membuat Anda harus menggunakan kualitas minyak rem yang baik. Jika malah menggunakan minyak rem dengan kualitas buruk, sudah pasti dapat memengaruhi suhunya. Suhunya bahkan bisa menjadi lebih tinggi di atas tingkat kewajaran dan membawa masalah, seperti rem blong ini.

3. Dipengaruhi Uap Air

Uap air juga bisa menjadi penyebab dari rem blong. Mengapa hal ini bisa memengaruhi? Ketika ada udara masuk ke dalam sistem pengereman, maka muncul uap air. Uap air ini dihasilkan dari proses oksidasi. Sayangnya, keberadaan uap air dapat mengganggu sistem pengereman mobil Anda. Ketika dibiarkan terus menerus, uap air mampu membuat minyak rem terasa panas.

Ketika minyak terasa panas, sistem pengereman pun terganggu sehingga tekanan di dalamnya turun yang mengakibatkan rem tidak bisa berfungsi dengan optimal.

4. Sering Menginjak Pedal Rem Terlalu Lama

Kebiasaan sering menginjak pedal rem terlalu lama dapat menyebabkan blong. Masalah ini muncul karena adanya gaya gesek antara pedal dengan kaki secara terus menerus. Akibatnya, kaliper pun menjadi panas dalam jangka waktu yang lama. Kaliper yang terus panas membuat rem mengalami disfungsi hingga akhirnya bisa menjadi blong.

5. Jarang Dirawat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jarang merawat sistem pengereman juga mampu menyebabkan masalah blong. Perawatan sistem pengereman memang tidak boleh terlewatkan. Fitur dari komponen ini sangatlah penting dalam menjaga keselamatan diri Anda beserta keluarga selama berkendara.

Setelah mengetahui penyebab rem mobil blong, tentunya Anda juga harus tau cara mencegah rem pada mobil agar tidak alami blong saat berkendara.

Cara Mencegah Rem Mobil Blong

Melansir dari Kompas.com, berikut cara mencegah rem mobil blong:

1. Jangan menginjak rem dalam jangka yang panjang

Menginjak rem pada jangka yang panjang akan mengakibatkan rem gagal beroperasi karena panas yang dihasilkan oleh gaya gesek akan menyalur ke kaliper rem dan membuat rem gagal beroperasi.

2. Jangan memaksa penggunaan rem pada turunan tajam

Pada saat melewati turunan tajam, disarankan untuk menggunakan pengereman mesin atau engine brake.

Hal tersebut akan mengurangi kerja berat dari rem sehingga risiko rem blong dapat berkurang karena penggunaannya yang dipaksakan.

 3. Kurangi kecepatan pada saat hujan

Rem mobil akan tidak bekerja secara maksimal pada saat hujan atau kondisi jalan basah. Untuk itu segera turunkan kecepatan saat turun hujan demi keselamatan.

4. Sempatkanlah beristirahat jika melakukan perjalanan jauh

Pada saat perjalanan jauh tentu penggunaan rem juga semakin banyak dan membuat rem panas. Untuk itu, istirahatlah minimal 3 jam sekali untuk memberi kesempatan pada sisitem rem untuk melepaskan panas.

5. Rawat mobil dengan baik

Selalu periksa level minyak rem setiap sebulan sekali. segera lakukan pengisian minyak rem jika terjadi kekurangan minyak rem.

6. Periksa kondisi rem

Jangan lupa periksa kondisi piringan cakram atau teromol rem, bersihkan bagian rem terutama dari karat dan pastikan juga bagian karet- karet pada piston rem. Kemudian pastikan piston tidak macet.

Periksa juga kondisi sambungan selang rem dan tabung minyak rem. Jangan sampai ada kebocoran yang terjadi.

Ganti atau kuras minyak rem setiap 40.000 km atau dua tahun sekali, atau ketika ada rekomendasi dari bengkel untuk segera menggantinya.

Nah, Itulah seputar informasi mengenai penyebab dan cara mencegah rem mobil alami blong. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #rem mobil    #otomotif    #rem blong    #kecelakaan    

Baca Juga