Ilustrasi pita hitam yang akan digunakan Ikatan Dokter Indonesia

Ikatan Dokter Indonesia Kenakan Pita Hitam Aksi Solidaritas Menghadapai Pandemi Covid-19

rini | | 18-08-2021

PARBOABOA, Jakarta - Dalam rangka memperingati HUT ke-76 RI, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengajak semua dokter anggota IDI mengenakan pita hitam di bagian dada kiri atau lengan kiri.

Aksi ini digelar sebagai wujud keprihatinan atas tingginya angka kematian akibat virus covid-19, yang juga telah menyebabkan dokter dan nakes gugur saat bertugas.

Aksi menggunakan pita hitam ini akan dimulai pada 17 Agustus 2021 selama sebulan penuh.

Daeng† mengimbau seluruh IDI cabang dan IDI wilayah menyampaikan seruan keprihatinan/kebangsaan bersama-sama organisasi kesehatan Iainnya, dan asosiasi fasilitas kesehatan di daerah masing- masing.

"Kita masih berada ditengah-tengah suasana pandemi Covid-19 yang mengalami peningkatan. Bahkan kasus angka kematian di masyarakat yang masih tinggi disertai pula tingginya kematian dokter dan tenaga kesehatan lainnya," ucap Daeng, Senin (16/8).

Seluruh anggota IDI juga diminta melakukan koordinasi dengan pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat untuk bahu-membahu melakukan upaya maksimal dalam penanganan covid-19.

Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melaporkan hingga 3 Agustus 2021, sebanyak 640 dokter meninggal dunia akibat Covid-19.

Tag : nasional

Berita Terkait