Indonesia Berencana Buka Retail Modren di Arab Saudi

Rini | Ekonomi | 21-01-2023

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertolak ke Arab Saudi untuk memimpin delegasi misi dagang Indonesia untuk meningkatkan perdagangan kedua negara.Salah satu agendanya membuka ritel modern untuk memasarkan produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia. (Foto: Biro Humas Kemendag)

PARBOABOA, Jakarta - Pemerintah Indonesia berencana membuka retail modern di Arab Saudi yang dikhususkan menjual produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mengatakan, rencana pembukaan retail modern di Arab Saudi untuk memperluas jangkauan pasar UMKM tanah air.

"Pelaku UMKM memasarkan produknya akan semakin mudah. Tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional," kata Mendag Zulkifli Hasan dalam kunjungan bilateral di Arab Saudi yang berlansung 21-23 Januari 2023, lewat keterangan tertulisnya yang diterima Parboaboa, Sabtu (21/01/2023). 

Mendag menyebut, akan meninjau peluang untuk membuka ritail modern Indonesia di Madinah, Mekah, dan Jeddah.

Menurut data Mendag, Arab Saudi merupakan negara tujuan ekspor peringkat ke 24 bagi Indonesia. Ada sejumlah produk unggulan yang dikirim ke sana, di antaranya kendaraan bermotor, minyak kelapa sawit dan turunannya, perhiasan, produk kertas, dan produk tekstil.

Pada 2022, ekspor Indonesia ke Arab Saudi tercatat sebesar 1,84 miliar dollar amerika dengan ekspor migas sebesar 200 ribu dollar amerika dan sisanya merupakan ekspor non migas. 

Indonesia juga mengimpor sejumlah produk dari Arab Saudi, di antaranya minyak mentah, bahan bakar gas, minyak bumi, besi, dan alkohol asiklik. Nilai impor Indonesia dari Arab Saudi tercatat sebesar 5,17 miliar dollar amerika yang terdiri atas impor migas sebesar 4,33 miliar dollar amerika dan impor non migas sebesar 842,30 juta dollar amerika.

"Selain hubungan dagang, Arab Saudi juga menjadi salah satu negara tujuan favorit warga Indonesia," jelas Mendag lewat keterangannya.

Zulhas mengatakan, pada tahun 2022 sekitar dua juta orang mengunjungi Arab Saudi. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat hingga 5 juta orang dalam beberapa tahun mendatang.

"Ini merupakan pasar yang sangat besar yang harus dapat dimanfaatkan dengan optimal. Kami terus berupaya agar hubungan dagang dapat terus ditingkatkan," ucap Zulkifli Hasan.

Misi dagang serupa, kata Zulhas akan diperluas hingga ke Eropa Timur, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Amerika Latin untuk mewujudkan harapan Indonesia menjadi negara maju pada 2045 mendatang.

“Kalau kita ingin menjadi negara maju 2045 memang harus menguasai belahan dunia. Kalau kita tidak masuk sekarang tentu kita akan terlambat,” tambahnya.

Tag : #zulkifli hasan    #arab saudi    #ekonomi    #umkm indonesia    #retail modren   

Baca Juga