Kue Kering (blogunik.com)

Inilah Penyebab Kue Kering Terasa Keras dan Tidak Renyah

Wulan | Selera Nusantara | 19-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Cara membuat kue kering sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit. Sebab bahan yang digunakan pun termasuk sederhana.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya memuaskan dan tidak terasa keras serta tetap renyah. Contohnya pada penggunaan tepung dan margarin.

Berikut ini ada beberapa penyebab kue kering terasa keras dan tidak renyah yang sudah dirangkum Parboaboa.

1. Takaran tepung terlalu banyak

Salah satu penyebab kue kering terasa keras adalah jumlah takaran tepung yang digunakan terlalu banyak. Perlu kamu ketahui, setiap masing-masing resep membutuhkan takaran yang berbeda sehingga nantinya akan disesuaikan kembali sebelum dimasak.

Jika hasil dari kue tersebut terasa terlalu lembek, ada sebaiknya harus mengurangi tepung pada bahan tersebut dan mendiamkan adonan di kulkas agar tetap padat.

2. Takaran margarin atau mentega yang terlalu sedikit

Margarin atau mentega merupakan bahan yang cukup penting dalam pembuatan kue kering. Saat memasukkanya kedalam adonan, takaran harus cukup sehingga kue tidak terasa keras.

Meski demikian, penggunaan margarin dan mentega tidak boleh terlalu banyak. Sebab hal tersebut bisa membuat kue kering terasa rapuh dan mudah hancur.

3. Penggunaan putih telur yang terlalu banyak

Ada beberapa kue kering yang menggunakan putih telur sebagai bahannya. Jika demikian, kamu harus memperhatikan takarannya.

Sebab, penggunaan putih telur yang terlalu banyak akan membuat kue kering terasa tidak renyah dan cenderung keras.

4. Proses pemanggangan terlalu lama

Selain dari bahan, penyebab kue akan terasa tering juga berpengaruh pada proses pemanggangan yang terlalu lama. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan waktu memanggangnya supaya tekstur lebih renyah. Biasanya, rata-rata waktu pemanggangan kue kering berkisar antara 35-60 menit, tergantung jenis oven apa yang digunakan.

Nah sahabat Parboaboa itulah tips dan trik agar kue kering yang akan kalian buat tidak terasa keras dan tetap renyah. Semoga bisa membantu!

Tag : #resep kue kering    #penyebab kue kering terasa keras    #selera nusantara    #tips kue kering renyah    #kue kering tidak keras   

Baca Juga