Ilustrasi

Resmi, Instagram Luncurkan Tombol Like di Stories

Wanovy | Teknologi | 19-11-2021

Instagram diketahui sudah mulai menggulirkan tombol Like pada Stories. Adapun tombol Like di Instagram Stories ini sudah diketahui dan sedang diuji coba sejak Agustus 2021, namun baru muncul di beberapa pengguna sejak semalam.

Bila tombol Like Instagram Stories ini belum muncul pada perangkat Anda, jangan khawatir karena fitur ini akan hadir secara bertahap ke seluruh pengguna.

Tombol Like Stories ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi terhadap Stories akun yang di follow tanpa harus mengirimkan direct message (DM). Pengguna pun bisa melihat jumlah tanda Like yang diterima beserta siapa saja yang memberikan Like di Stories.

"Hanya orang yang membagikan stories yang bisa melihat apa yang kamu Like," tulis Instagram.

Untuk memberikan Like, pengguna bisa membuka Stories dan menekan ikon dengan simbol hati yang terletak di sebelah kolom komentar. Penggunggah konten Stories yang bersangkutan akan mendapat notifikasi berbunyi "(Nama pengguna) liked your story".

Jika notifikasi tersebut ditekan, pengunggah akan dibawa ke konten Stories yang mendapat react serta dapat melihat daftar orang yang memberikan Like melalui menu Viewers. Orang yang memberikan Like akan ditandai dengan kehadiran ikon berbentuk hati yang bisa ditemukan di sebelah kanan foto profil mereka.

Sebelumnya, fitur ini pernah diungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi. Pada 5 Oktober lalu, Paluzzi mengunggah sebuah posting di Twitter yang menunjukkan tangkapan gambar seputar fitur Like yang akan hadir pada unggahan Stories.

"Like pada Stories akan muncul pada unggahan Stories, tepatnya di tempat yang sama dengan daftar penonton," tulis Paluzzi.

Tak sampai disitu, Paluzzi juga turut mengungkapkan beberapa fitur Instagram lainnya termasuk opsi “Add a Moderator” di menu pengaturan Live.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikannya, pengguna akan dapat menambahkan Moderator selama Live Instagram berlangsung. Kemudian Moderator tersebut akan memiliki kendali untuk mengontrol proses berjalannya Live di Instagram layaknya si pembuat Live.

Untuk saat ini, Instagram baru menggulirkan fitur Like di Stories di Indonesia. Belum diketahui kapan fitur Add a Moderator akan ditambahkan.

Di sisi lain, Instagram juga baru saja mengumumkan perkembangan format video baru yang ada di aplikasi, yakni Reels. Konten video singkat ini menambah deretan format video lain yang lebih dulu ada di Instagram, seperti IG TV, Stories, hingga di Feed.

"Data kami mencatat pertumbuhan pengguna Reels di Asia Tenggara melampaui angka rata-rata global. Indonesia menjadi salah satu yang pertumbuhannya tercepat," tutur Direktur Kemitraan Program Hiburan Meta Indonesia, Revie Sylviana Indonesia.

Tag : #instagram stories    #like    #fitur baru   

Baca Juga