Tim Falakiyah Kemenag Papua melakukan pengamatan hilal berlokasi di pantai Holtekamp Kota Jayapura (Foto: Antara /VJ Laksa Mahendra)

Jadwal Pelaksanaan Sidang Isbat Awal Ramadhan 2022

Sari | Nasional | 28-03-2022

PARBOABOA, Siantar - Tak lama lagi, seluruh umat muslim diseluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah. Tak kurang dari satu pekan, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa.

Lantas, kapan awal puasa Ramadhan tahun 2022?

Kementerian Agama (Kemenag) akan menetapkan jatuhnya 1 Ramadhan 1143 H melalui sidang isbat. Tahukan Anda arti dari sidang isbat? Dan kapan sidang isbat dilaksanakan?

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tentang pengertian sidang isbat beserta jadwal pelaksanaan sidang isbat. Simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Sidang Isbat

Mengutip penyataan dari Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), sidang isbat adalah pertemuan untuk menetapkan bulan berkaitan dengan ibadah. Namun di Indonesia sidang isbat lebih populer dikaitkan dengan penetapan datangnya bulan Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha hingga penetapan isbat nikah.

Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2022

Dikutip dari laman Kemenag, jadwal sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 2022 akan digelar pada Jumat (1/4/2022). Sidang isbat akan dimulai dari pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai.

Waktu pelaksanaan jadwal sidang isbat ini sesuai dengan aturan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa jadwal sidang isbat penentuan Ramadhan itu digelar pada tanggal 29 di bulan Sya’ban pada kalender Hijriah.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamarddin Amin mengatakan bahwa sidang isbat puasa Ramadhan 2022 akan digelar secara daring dan luring.

"Sidang akan kembali digelar secara hybrid, dalam arti gabungan antara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Kamaruddin.

Secara daring, peserta sidang isbat akan berpartisipasi melalui sambungan telekonferensi. Jika secara luring, sidang isbat digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta.

Sidang isbat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1. Pemaparan posisi hilal untuk awal Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

2. Pelaksanaan sidang isbat penetapan jatuhnya 1 Ramadhan 1443 H

3. Penyampaian hasil dari sidang isbat

Peserta Sidang Isbat

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib menyampaikan bahwa sidang isbat puasa Ramadhan 1443 H akan diikuti oleh sejumlah pihak.

Pihak-pihak yang terlibat adalah Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, perwakilan beberapa ormas islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," kata Adib menambahkan.

Hasil sidang isbat terkait penentuan awal Ramadhan 1443 H selengkapnya bisa Anda simak melalui YouTube dan Media Sosial Kemenag RI di sini atau melalui link Live TVRI berikut.

Tag : #sidang isbat    #jadwal sidang isbat    #nasional    #ramadhan 2022    #kemenag   

Baca Juga