Penyekatan Selama PPKM Darurat

Jangan Coba-coba Terobos PPKM Darurat, Jalan Tikus Juga Akan Dijaga Ketat

rini | Kesehatan | 06-07-2021

Pelaksanaan PPKM darurat Jawa dan Bali pada hari ke-3 ini akan semakin diperketat. Kapolda metro jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan penjagaan ketat akan dilakukan bahkan di jalan tikus. Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penyekatan di 63 titik ruas jalan selama PPKM darurat. Akan ada 9 titik penyekatan baru, sehingga total ada 72 titik penyekatan.

"Penyekatan dilakukan di 72 titik penyekatan di Polda Metro Jaya, yaitu 5 di gerbang tol, 9 di exit tol, 19 titik di batas kota dan 39 titik di jalur utama," kata Hendro dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7)

Di setiap titik tersebut telah diterjunkan personel gabungan dari Polri, TNI, serta pemda. Dengan jumlah personel bervariasi di tiap titiknya, antara 30 hingga 50 orang. Polda Metro Jaya mengerahkan 1.898 personel gabungan untuk mengamankan jalur penyekatan tersebut. Menurut Hendro, dari 72 titik penyekatan itu, 37 di antaranya ditempatkan di perbatasan menuju Jakarta.

"Jalur tikus juga kita jaga. Nanti polsek-polsek bersama koramil," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Petugas kepolisian akan memeriksa setiap pengendara yang akan melintas ke jakarta. Hanya warga yang bekerja di sektor kritikal dan esensial yang di perbolehkan lewat.

Kata Hendro, hasil pemeriksaan terhadap pelaksanaan penyekatan PPKM Darurat hari ini, masih banyak ditemukan masyarakat yang mencoba masuk ke wilayah Jakarta. Untuk pihak-pihak yang memaksa masuk Jakrta akan dikenakan sanksi hukum. Karena penyekatan ini di lakukan untuk menjaga masyarakat terhindar dari covid-19.

Gubernur DKI jakrta juga mengingatkan PPKM darurat dilakukan bukan untuk mengosongkan jalan Jakrta. Namun untuk menyelamatkan banyak masyarakat dari paparan covid-19.

"Ini bukan untuk mengosongkan jalan di Jakarta, ini adalah untuk menyelamatkan kita semua, menyelamatkan Anda, menyelamatkan keluarga kita semua," ujar Anies Baswedan, Minggu (4/7/2021).


Tag : #nasional   

Baca Juga