Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/HO/KEMENLU)

Jokowi Akan Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende NTT

Wulan | Nasional | 31-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kota Ende, Kabupaten Ende, NTT, Rabu (1/5/2022) besok.

Hal ini disampaikan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo yang akrab disapa Romo Benny.

“Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende,” kata Romo Benny dalam keterangan tertulis, yang dikutip Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, Jokowi akan menjadi presiden RI kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende, setelah presiden pertama RI, Soekarno.

Terkait kabar Jokowi akan memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

"Ya (Jokowi ke Ende untuk pimpin upacara Hari Lahir Pancasila)," ujar Heru Hartono melalui pesan singkat, Selasa (31/5/2022).

Selain upacara, kata Heru, presiden juga dijadwalkan melakukan berbagai kegiatan seperti berkunjung ke pasar, ke hutan bambu dan mengunjungi Kabupaten Ngada di hari yang sama.

Kemudian pada Kamis (2/5/2022) Presiden Jokowi dijadwalkan melihat proses panen serta penanaman shorgum dan langsung mengunjungi Kecamatan Waingapu yang berada di Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Adapun Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Sejak adanya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, sekaligus hari Libur Nasional alias tanggal merah.

Peringatan tersebut ditetapkan berdasarkan peristiwa sejarah dicetuskannya Pancasila pada 1 Juni 1945 oleh Presiden pertama RI, Soekarno, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Sementara itu, dikutip dari laman resmi BPIP, adapun tema yang telah ditetapkan pada peringatan hari Lahir Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Tag : #hari lahir pancasila    #jokowi    #nasional    #ntt    #kabupaten ende    #bpip    #romo benny    #kasetpres    #sumba timur   

Baca Juga