Presiden Joko Widodo dilaporkan sedang berkunjung ke Amerika Serikat dan berencana untuk melakukan pertemuan dengan CEO Tesla, Elon Musk. PR Tasikmalaya

Jokowi ke AS Temui Elon Musk untuk Kembangkan Industri Nikel

Dion | Internasional | 11-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Presiden Joko Widodo dilaporkan sedang berkunjung ke Amerika Serikat dan berencana untuk melakukan pertemuan dengan CEO Tesla, Elon Musk. 

Dilansir ABC Australia, Rabu (11/5/2022), pertemuan itu merupakan upaya pemerintah mengembangkan industri nikel dalam negeri dengan menjadi pemasok baterai bagi kendaraan listrik. 

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, saat ini perwakilan tim perakit kendaraan listrik Tesla Inc saat ini berada di Indonesia dan akan mengunjungi pabrik nikel di Morowali, Sulawesi tengah. 

"Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," ujarnya dalam konferensi pers.

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, setelah bertemu dengan Elon Musk April lalu, Luhut berharap ke depan akan ada pembahasan terkait kemajuan perkembangan industri nikel di Indonesia yang berteknologi tinggi dan bisa membawa negara ini masuk ke rantai pemasok industri kendaraan listrik global.

Jokowi mengunjungi AS dalam rangka menghadiri pertemuan para pemimpin dunia Asia Tenggara di Washington.

"Sekarang lagi kita atur ketemunya maunya di mana jadinya gitu," ujar Luhut saat ditanya di mana tempat pertemuan Jokowi dan Elon Musk. 

Sementara, hingga berita ini diturunkan, pihak Tesla masih belum merespons email Reuters soal rencana pertemuan ini.

Indonesia sedang berusaha mengembangkan persediaan domestik nikel, terutama dalam hal mengekstrasi bahan kimia baterai, pembuatan baterai, dan perakitan kendaraan listrik.

RI sudah menandatangani kesepakatan senilai miliaran dollar AS dengan perusahaan Korea Selatan dan China untuk memanfaatkan sumber daya nikel dan sudah lama ingin bekerja sama dengan Tesla.

Tambang Vale di Brasil pekan lalu menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan Tesla untuk memasok baterai dari cabangnya di Kanada. Diketahui, Vale juga beroperasi di Indonesia.

Tag : #jokowi    #elon musk    #internasional    #nikel    #amerika serikat    #ceo tesla    #luhut binsar pandjaitan   

Baca Juga