Jokowi Pastikan 17 Kepala Negara Akan Hadir di KTT G20

Penulis : Adinda Dewi | Nasional | 14-11-2022

Upacara pembukaan pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Central mengenai KTT G20 yang akan digelar di Bali. (Foto: Mast Irham/via Reuters)

PARBOABOA Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan mengenai kesiapan KTT G20 yang akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 akan dihadiri oleh 17 kepala negara anggota G20.

"Kemudian tentang persiapan KTT G20 saya sudah dapat laporan bahwa semuanya sudah siap. 17 kepala negara hadir," kata Jokowi yang dilansir dari akun YouTube Indonesia G20 Bali Summit 2022 pada Minggu (13/11/2022).

Dalam hal ini, Jokowi juga mengungkapkan jika KTT G20 merupakan upaya Indonesia untuk menciptakan perdamaian serta solusi untuk memperbaiki krisis ekonomi para negara anggota G20.

“Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi,” ujar Jokowi.

Sebelum menghadiri kesiapan KTT G20 di Bali, Jokowi sempat menghadiri KTT Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang diselenggarakan di Kamboja guna melakukan serah terima ketua ASEAN 2023. Selain itu, Jokowi juga membahas mengenai tongkat estafet Keketuaan ASEAN 2023 yang diterima Indonesia dari Kamboja.

Dia menjelaskan jika tongkat estafet Keketuaan ASEAN membahas tentang ASEAN harus tetap menjadi kawasan damai serta menjadi lebih kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia.

"Saya baru saja tiba dari Kamboja, serah terima Ketua ASEAN 2023 telah dilakukan hari ini. Saat menerima Keketuaan ASEAN, saya menekankan bahwa ASEAN harus semakin kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia," jelas Jokowi.

Menariknya, dalam KTT G20 yang akan digelar di Bali nanti, akan turut dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

"Apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir," pungkas Jokowi.

Editor : -

Tag : #ktt g20    #presiden jokowi    #nasional    #kesiapan ktt g20    #bali    #ASEAN    #17 kepala negara   

Baca Juga