Jokowi meresmikan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu di Jawa Timur

Jokowi Resmikan 2 Bendungan Besar di Jawa Timur

rini | Nasional | 01-12-2021

PARBOABOA, Jatim - Presiden Jokowi meresmikan dua bendungan besar di Jawa Timur pada Selasa (30/11). Kedua bendungan tersebut yakni Bendungan Gongseng yang terletak di Desa Kedungsari Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, dan Bendungan Tugu berada di Desa di Kabupaten Trenggalek.

Untuk pembangunan Bendungan Gongseng digarap oleh PT Hutama Karya sejak 2013 lalu. Proyek pembangunan bendungan ini memakan biaya senilai Rp 578 miliar, diperkirakan bendungan tersebut dapat menampung 22,43 juta meter kubik air.

Nantinya bendungan ini diharapkan dapat mengurangi banjir di daerah tersebut hingga 45 persen. Selain itu air bendungan akan dipakai untuk pemenuhan air untuk irigasi persawahan hingga 6.200 hektar sawah.

Sedangkan untuk Bendungan Tugu dibangun oleh PT Wijaya Karya. Proyek pembangunan bendungan ini memakan biaya hingga Rp 1,69 triliun. Bendungan yang telah digarap sejak tahun 2014 ini nantinya dapat menampung air hingga 12 meter kubik air dan memenuhi kebutuhan irigasi sawah hingga 1.250 hektar.

Presiden Jokowi meresmikan secara langsung Bendungan Tugu sedangkan peresmian Bendungan Gongseng dilakukan secara daring.

Dalam sambutannya saat persemian, Jokowi berharap kedua bendungan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ketahanan pangan daerah dan nasional.

"Diharapkan dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat semakin meningkat, petani semakin produktif dan bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," harap Jokowi.

Dalam peresmian Presiden Jokowi ditemani sejumlah pejabat yaitu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta hingga Pangdam V/Brawijaya. Lalu ada pula Bupati Trenggalek Nur Arifin dan Bupati Bojonegoro Anna Mua'wanah.

Tag : #jokowi    #bendungan tugu    #bendungan gongseng    #peresmian bendungan tugu    #nasional   

Baca Juga