KemenPAN-RB Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Tjahjo Kumolo (Merdeka.com/Alma Fikhasari)

Kantor KemenPAN-RB Kibarkan Bendera Setengah Tiang untuk Tjahjo Kumolo

Wulan | Nasional | 02-07-2022

PARBOABOA, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengibarkan bendera setengah tiang sebagai wujud penghormatan atas kepergian Menpan-RB Tjahjo Kumolo pada Jumat (1/7/2022).

Berdasarkan pantauan di Kantor Kementrian PAN-RB yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, pengibaran bendera merah putih setengah tiang mulai dilakukan sekitar pukul 14.30 WIB.

Setidaknya ada 13 bendera Merah Putih yang dikibarkan setengah tiang di gedung KemenPAN-RB. Selain itu terlihat beberapa pegawai yang tengha bersiap menyambut kedatangan jenazah Tjahjo Kumolo di area pelataran Majid Quba.

Berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Humas Kementerian PAN RB, jenazah rencananya akan dibawa dari RS Abdi Waluyo ke Rumah Dinas Widya Chandra untuk dimandikan dan disemayamkan. Selanjutnya jenazah akan dibawah ke Masjid Quba Kementerian PAN-RB untuk disalatkan.

Setelah disalatkan, Menko Polhukam Mahfud MD akan memimpin prosesi penyerahan jenazah Tjahjo dari pihak keluarga kepada negara. Selanjutnya, Jenazah Tjahjo akan dibawa menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Umum Kalibata untuk disemayamkan secara militer.

"Bertindak sebagai Inspektur Upacara di TMP adalah Mensesneg Pratikno," ujar Sekretaris KemenPAN RB Rini Widyantini dalam konferensi pers kepada wartawan, Jumat (1/7/2022).

Sebagai informasi, Tjahjo merupakan salah satu kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen. Ia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Ia juga tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI.

Tag : #tjahjo kumolo    #menpanrb    #nasional    #kantor kemenpanrb    #tjahjo kumolo meninggal dunia    #masjid quba    #rs abdi waluyo   

Baca Juga