Kartu Prakerja

Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka

maraden | Ekonomi | 30-06-2021

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk para pencari kerja, orang yang terkena PHK, atau tenaga kerja yang membutuhkan peningkatan kemampuan diri atau kompetensi, termasuk para pelaku usaha mikro dan usaha kecil.

Setelah sebelumnya dibuka hingga gelombang ke 17, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke 18 akan dibuka kembali yaitu pada semester dua tahun 2021 karena kuota yang tersisa masih ada sekitar 5,5 juta orang peserta di tahun ini.

Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan† dengan rincian Rp2,4 juta insentif pelatihan, Rp 1 juta biaya pelatihan, dan Rp 150 ribu bonus setelah 3 kali mengisi mengisi survei. Maka total dana yang diterima peserta adalah sebesar Rp 3,55 juta

Kamu bisa mendaftar Kartu Prakerja pada laman situs www.prakerja.go.id

Klik Daftar Sekarang, kemudian masukkan alamat email yang aktif.

Masukkan pasword dan konfirmasi password yang sama, lalu Klik persetujuan syarat dan ketentuan

Klik Daftar. Kemudian cek email untuk mendapatkan kode verifikasi. Kamu bisa memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email atau langsung mengklik link verifikasi pada email untuk langsung dilanjutkan ke halaman verifikasi pada laman prakerja.go.id

Setelah akun Kartu Prakerjamu jadi, lengkapi data diri kamu dan unggah foto KTP kamu.

Setelah itu lakukan verifikasi nomor handphone lalu masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP yang kamu daftarkan. Lanjut, Klik Verifikasi.


Berikutnya adalah tahap Tes Motivasi & Kemampuan Dasar. Ada sekitar 20 soal test yang diajukan untuk kamu jawab, kamu boleh menyiapkan lembar kertas buram dan kalkulator untuk membatu test kamu. Setelah selesai mengisi tes, hasil tes kamu akan dievaluasi.

Kemudian klik gelombang pilihan kamu, biasanya hanya ada satu pilihan, pada saat ini mungkin hanya gelombang ke 18 yang akan dibuka. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang kamu. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung.

Setelah mengisi Gelombang, akan muncul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Kamu harus mengklik pernyataan menyetujui untuk dapat lanjut ke langkah berikutnya.

Yay.. Pendaftaran kamu selesai!

Setelah itu kamu akan mengetahui lolos atau tidaknya kamu setelah evaluasi gelombang selesai, dan jika lolos kamu kan menerima notifikasi melalui SMS dan Email. Dan kalau kamu belum lolos, bisa ikut lagi pada gelombang selanjutnya.

Tag : nasional

Berita Terkait