Ilustrasi

Kenali, Ini Tanda WhatsApp Anda Disadap Jarak Jauh

Wanovy | Teknologi | 01-11-2021

Aplikasi  perpesanan WhatsApp memiliki potensi untuk disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab meskipun telah terenkripsi. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali jika WhatsApp Anda disadap.

Penyadapan dapat membuat peretas memiliki akses untuk memantau aktivitas dari pengguna di WhatsApp mereka. Apa pun bisa dipantau, mulai dari pesan pribadi, isi kontak, dan masih banyak lagi.

Penyadapan ini tentu akan merugikan pengguna karena privasi pengguna telah dibobol. Data-data yang pengguna miliki juga sangat mungkin untuk bocor.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri WhatsApp disadap yang perlu  diketahui, seperti berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Status online padahal tidak aktif

Jika status online namun WhatsApp sedang tidak aktif, kondisi itu bisa jadi penanda sesuatu yang janggal, termasuk penyadapan.

Untuk mengetahuinya, coba lihat status WhatsApp Anda melalui akun lain saat Anda tak sedang membuka aplikasi WhatsApp di ponsel maupun di desktop.

2. Mengirim pesan yang tak dikirim pengguna

Pernah merasa tak mengirimkan sebuah pesan tanpa sadar? Jika iya, bisa jadi ada seseorang yang sedang menyadap akun WhatsApp  Anda Mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna menjadi salah satu tanda WhatsApp sedang disadap.

3. Pesan telah terbaca

Centang dua berwarna biru menjadi penanda pesan telah dibaca. Namun, bagaimana jika Anda merasa tak pernah membaca atau membuka pesan tersebut? Hal ini menjadi salah satu ciri-ciri WhatsApp disadap jarak jauh.

Dalam kondisi ini, akun WhatsApp pengguna disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang semestinya digunakan pada WhatsApp Web.

4. Keluar akun WhatsApp tiba-tiba

WhatsApp tak bisa digunakan pada dua perangkat secara bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp pada salah satu perangkat akan keluar dengan sendirinya.

Hal itu bisa menandakan adanya seseorang yang berusaha masuk ke dalam akun WhatsApp milikmu. Biasanya akan muncul notifikasi berikut:"Nomor telepon  tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda".

Jika Anda mendapatkan notifikasi seperti di atas, maka jangan pilih 'Oke'. Sebaliknya, lakukan verifikasi.

5. Mendapatkan kiriman kode OTP

Jika WhatsApp keluar dengan sendirinya dan Anda mendapatkan kiriman kode OTP, maka Anda disarankan untuk tidak menyerahkan kode tersebut pada siapa pun.

Tindakan pencegahan

Langkah untuk mengamankan akun WhatsApp agar tidak disadap oleh orang lain ialah dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan. Berikan pin, kunci menggunakan fingerprint, dapat membantu penjahat kesulitan masuk ke celah keamanan WhatsApp. Terakhir, jangan sembarangan membuka link yang diberikan orang lain dan jangan membagikan kode OTP seandainya kamu menerimanya.

Tag : teknologi, tips, whatsapp, sadap, hack

Berita Terkait