Ilustrasi Rapat DPRD DKI Jakarta (Foto: Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD Resmi Usulkan 3 Nama Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Baswedan

Maharani | Metropolitan | 13-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – DPRD DKI Jakarta telah memutuskan tiga nama yang akan diusulkan sebagai calon pejabat atau Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dalam rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) pada Selasa (13/09/2022).

Rapat tersebut diikuti oleh sembilan fraksi DPRD DKI Jakarta, dimana setiap fraksi telah menyetorkan tiga nama pilihan mereka. Setelah rapat digelar, muncul empat nama kandidat Pj Gubernur, yaitu Kepala Sekertariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, Direktur Jendral (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro.

Dari keempat nama kandidat tersebut, setelah disaring mengerucut mejadi tiga nama yang akan diusulkan menjadi Pj Gubernur pengganti Anies Baswedan. Tiga nama tersebut ialah, Heru Budi Hartono, Marullah Matali, dan Bahtiar.

“Tiga nama ini yang akan kita serahkan ke Kemendagri,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/09/2022).

Hasil dari Rapimgab Heru Budi Hartono memperoleh total sembilan usulan, Marullah Matali juga memperoleh total sembilan usulan, sedangkan Bahtiar memperoleh enam usulan. Sementara itu Juri Ardiantoro hanya memperoleh tiga usulan.

Prasetyo menilai ketiganya sangat menguasai masalah Jakarta. Heru Budi Hartono yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara di era Jokowi. Kemudian, Marullah Matali sebagai Sekda DKI Jakarta pernah menjadi Wali Kota Jakarta Selatan. Dan juga, Bahtiar merupakan pejabat Kementerian yang pernah menjabat sebagai Pj Gubernur.

Menurut Prasetyo hasil usulan yang disampaikan DPRD Jakarta merupakan usulan yang baik.

Tag : #ketua dprd    #anggota dprd    #nasional    #pj gubernur dki    #3 nama kandidat    #heru budi hartono    #marullah matali    #bahtiar    #   

Baca Juga