10 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Surabaya Paling Diburu, Sayang untuk Dilewatkan

Penulis : Wanovy | Travel | 29-11-2022

Kuliner malam Surabaya, foto: TIMES

PARBOABOA, Surabaya - Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya dikenal memiliki beraneka ragam kuliner yang lezat dan bikin ketagihan. Asyiknya lagi, kamu bisa menemukan kuliner enak 24 jam di Surabaya.

Tak hanya memiliki destinasi wisata malam yang menarik, Surabaya juga memiliki kuliner enak yang bisa kamu cobain saat malam hari. Kuliner-kuliner ini dijamin bikin lidahmu bergoyang.

Selengkapnya, simak 10 tempat wisata kuliner malam Surabaya yang patut dicoba berikut ini!

1. Rawon Setan

Rasanya tak lengkap berlibur ke Surabaya tanpa menyantap kuliner khas Jawa Timur yakni rawon. Uniknya, cita rasa rawon di tempat makan satu ini cenderung agak pedas dan lebih gurih.

Potongan daging sapi yang lembut dan empuk serta pilihan daging, lemak, hingga buntut sapi pasti akan membuat kamu puas dan ketagihan.

Jangan lupa tambahkan telur asin dan kerupuk biar makin mantap! Rasanya nggak pernah berubah sejak tahun 1990-an, lho.

Alamat: Jln. Embong Malang No. 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

2. Sego Sambel Mak Yeye

Warung makan sego satu ini merupakan kuliner malam Surabaya yang tak boleh kamu lewatkan.

Buka dari pukul 9 malam, kedai ini pasti akan langsung diserbu pengunjung karena ingin menyantap seporsi nasi dengan aneka lauk dan juga sambal yang nagih banget.

Di sini, kamu bisa memilih sambal dengan berbagai level kepedasan, bahkan, ada juga sambal versi pedas manis.

Untuk lauknya sendiri juga beragam, mulai dari telur dadar, tempe goreng, ikan, ayam, dan tentunya sambal yang juara banget, cocok untuk pencinta pedas!

Alamat: Jln. Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Surabaya, Jawa Timur

3. Sate Ayam Lisidu

Sangat mudah untuk menemukan kedai atau restoran yang menjual sate di Surabaya, tetapi ada sebuah rumah makan spesialis sate ayam yang sangat legendaris di Surabaya, yakni Sate Ayam Lisidu.

Bahkan, Sate Ayam Lisidu ini pernah beberapa kali dipilih untuk menyajikan hidangan pada jamuan di Istana Kepresidenan setiap HUT Proklamasi Kemerdekaan.

Lantas, apa yang membuat Sate Ayam Lisidu ini spesial dan melegenda? Pertama, sate ini terbuat dari daging ayam kampung berkualitas.

Hal ini sangat kontras dengan kedai atau restoran sate ayam lainnya yang cenderung menggunakan daging ayam negeri.

Tekstur daging ayam kampung yang diolah menjadi sate ini akan terasa sangat empuk, tetapi tidak terlalu lembek.

Selain itu, kita juga bisa memilih hendak menyantap sate ayam bagian dada, paha, ampela, hati, atau kulit.

Alamat: Jalan Kutai No. 53-C, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

4. Sop Buntut Gelora Pancasila

Ketika kamu berada di Surabaya dan ingin mengisi perut pada saat larut malam, datang saja ke depot Sop Buntut Gelora Pancasila yang buka 24 jam.

Ini adalah salah satu kuliner malam Surabaya yang menjual sop buntut paling enak di Surabaya. Kamu pun dapat menikmati buntut bakar yang juga merupakan menu kamulan dari depot ini.

Jika tidak ingin makan buntut, kamu bisa memesan sop iga atau iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi yang dijual di depot ini cukup besar. Jadi, harga dan porsinya memang sangat worth it.

Alamat: Jalan Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya.

4. Soto Madura Wawan

Salah satu depot soto legendaris di Surabaya adalah Soto Madura Wawan. Depot ini termasuk sebagai salah satu kuliner malam di Surabaya karena buka selama 24 jam penuh. Letaknya pun tidak jauh dari Sop Buntut Gelora Pancasila.

Yang membuat soto di sini terasa begitu spesial adalah pengunjung boleh memilih lauknya sendiri, seperti daging sapi, babat, paru, atau hati.

Depot Soto Madura Wawan tidak pernah sepi pengunjung baik saat siang maupun malam hari. Ingin mecicipi kelezatan Soto Madura Wawan?

Alamat: Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Surabaya.

5. Rawon Kalkulator

Kuliner malam Surabaya ini dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung.

Menu rawon di sana dikenal sangat lezat. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telor asin, atau paru.

Alamat: Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya

6. Tahu Telur Pak Jayen

Kuliner Tahu Telur Pak Jayen disebut-sebut sebagai yang paling legendaris di Surabaya. Beberapa food vlogger dan influencer pernah berkunjung dan mencicipi makanan di sini.

Kamu bisa menemukan kuliner malam Surabaya ini di Jalan Dharmahusada 112, Surabaya. Tempat makan ini buka pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Harga seporsinya pun terbilang ramah di kantong, hanya Rp 11 ribu hingga Rp 18 ribu per porsi.

7. Pecel Suzanna Kertajaya

Meski namanya Suzanna, kuliner ini tak ada hubungannya dengan mendiang pemain film legendaris Indonesia.

Kuliner malam Surabaya ini dinamai Suzanna karena berlokasi di sebelah toko perlengkapan bayi Suzanna Jalan Kertajaya.

Pecel ini baru buka pada jam 02.00 WIB dan tutup pada 09.00 WIB. Kelezatan pecelnya juga diakui oleh banyak pecinta kuliner.

8. Sup Buntut Gelora Pancasila

Ingin mencari hidangan segar di Surabaya di malam hari? Datang saja ke Sup Buntut Gelora Pancasila. Rumah makan ini adalah salah satu tempat yang menjual sup buntut paling terkenal di Surabaya.

Kamu dapat menikmati buntut bakar yang sangat empuk di rumah makan ini. Menu lain yang bisa dipesan adalah sup iga dan iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi berukuran besar akan memuaskan makan malammu.

Alamat: Jl. Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya., Surabaya, Jawa Timur

9. Bubur Ayam Mang Dudung

Pecinta bubur ayam yang tinggal di Surabaya atau sedang jalan-jalan ke kota ini wajib mencoba Bubur Ayam Mang Dudung.

Kuliner malam Surabaya ini spesialis untuk orang yang begadang, karena baru buka pukul 23.00 dan beroperasi sampai subuh.

Seperti umumnya warung bubur, tempat makannya berupa gerobak di pinggir jalan dengan meja dan kursi seadanya. Meski sederhana, tapi penggemarnya luar biasa banyak. Jadi jangan kaget bila harus mengantre di warung bubur ini.

Alamat: Jalan Kedungdoro, Surabaya, Jawa Timur

10. Nasi Bali Pengampon

Ingin cari nasi Bali di Surabaya? Jangan khawatir, cukup banyak warung yang menyediakan menu ini.

Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Bali Pengampon yang nama warungnya diambil dari nama jalan tempat warung ini berada, yaitu Jalan Pengampon.

Nasi Bali yang disajikan di Surabaya adalah sajian nasi dengan lauk telur, tempe, tahu, dan daging yang dimasak dengan bumbu merah.

Bila ingin menikmati sepiring nasi Bali di malam hari, segera meluncur ke Nasi Bali Pengampon di Jalan Pengampon.

Alamat: Jl. Pengampon Gang 1, Surabaya, Jawa Timur

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner malam Surabaya yang selalu diburu. Kamu wajib coba ya jika berkunjung ke Kota ini!

Editor : -

Tag : #wisata surabaya    #surabaya    #tempat wisata    #travel    #kuliner malam surabaya    #kota pahlawan    #jawa timur   

Baca Juga