Tempat wisata di Surabaya, foto: Tiket.com

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits Dikunjungi

Wanovy | Travel | 07-05-2022

PARBOABOA, Surabaya - Ada 10 tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi saat libur panjang Lebaran. Libur panjang dan cuti bersama menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga.

Di Kota Pahlawan ada beberapa macam pilihan destinasi wisata yang bisa menjadi rujukan. Selain nyaman, tempat wisata itu juga spot yang keren untuk dijadikan lokasi selfie.

Tempat wisata di Surabaya ini juga bisa dinikmati bersama keluarga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut 10 tempat wisata di Surabaya yang sudah dibuka dan bisa dikunjungi saat liburan panjang lebaran:

1. Kampung Arab

Keberagaman Indonesia tercermin dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki. Terdapat beberapa kampung di Surabaya yang dibagi berdasarkan etnisnya, salah satunya adalah kampung Arab.

Kampung ini dihuni oleh penduduknya yang mayoritas berasal dari Arab. Kampung Arab menjadi salah satu kampung yang dijadikan tempat wisata dan mendapat perhatian dari banyak wisatawan. Salah satu alasan utamanya adalah karena bisa dijadikan tujuan wisata religi.

Selain bisa mengenal budaya Arab yang masih kental, kamu juga bisa berburu suvenir mulai dari pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah yang dijual di kampung yang terletak di kawasan Ampel tersebut.

2. Ekowisata Mangrove

Tempat wisata di Surabaya yang lagi hits ialah Ekowisata Mangrove yang terletak di Jalan Raya Wonorejo nomor 1, Kecamatan Rungkut.

Tempat wisata ini begitu digemari oleh para wisatawan karena dapat merasakan daerah hijau di tengah cuaca panas Surabaya yang terik.

Anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja untuk masuk ke tempat wisata ini, ditambah dengan biaya parkir. Harga yang murah untuk tempat yang segar dan juga edukatif untuk lebih dekat dengan alam.

3. Sanggar Agung

Kelenteng yang lokasinya berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran menjadikan Kelenteng Sanggar Agung memiliki daya tarik tersendiri.

Di sini berdiri banyak patung-patung seperti Dewi Kwan Im yang merupakan ikon dari kelenteng ini, patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk.

Kelenteng ini cocok dijadikan tempat wisata religi. Jika ingin lebih mendapatkan suasana sakral, kamu bisa datang saat perayaan Imlek karena kelenteng ini rama dikunjungi orang untuk beribadah maupun wisatawan lokal maupun asing.

4. Taman Harmoni Keputih

Surabaya yang menjadi salah satu kota metropolitan ini memang terkenal dengan taman tamannya yang cantik.

Bagi Anda yang sedang berada di Surabaya, Anda bisa menjadikan Taman Harmoni Keputih sebagai tujuan liburan Anda.

Bisa dikatakan jika Taman Harmoni Keputih ini menjadi taman paling hits dan banyak dikunjungi belakangan ini.

5. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay adalah tempat bersantai untuk menikmati pemandangan pelabuhan. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah ketika matahari terbenam. Keindahan gurat lembayung yang menghiasi horizon cocok dijadikan objek foto.

Wisata Surabaya ini berada di sebuah gedung yang bernama Gapura Surya Nusantara milik Pelindo III.

Lokasinya di Pelabuhan Tanjung Perak sehingga pengunjung dapat bersantai sambil melihat aktivitas pelabuhan dengan kapal-kapal yang menarik. Tiket masuk Surabaya North Quay dibanderol Rp10.000 per orang.

6. Museum House of Sampoerna

Surabaya juga dikenal memiliki tempat wisata berupa museum. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah.

Museum kretek yang beralamat di Taman Sampoerna 6 ini awalnya merupakan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Di sini kamu bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok.

Museum ini juga menawarkan kepada pengunjung keliling Surabaya gratis dengan menggunakan sebuah bus.

Museum ini juga memiliki kafe dan tempat penjualan suvenir di lantai dua. Tentu saja museum ini juga cukup Instagramable untuk dijadikan spot foto. Siapkan kamera, ya!

7. Tugu Pahlawan

Tempat wisata Surabaya yang gak boleh terlewat tentu saja Tugu Pahlawan . Monumen ini merupakan ikon dari Surabaya yang sangat populer.

Tugu Pahlawan dikelilingi oleh tanaman hijau yang rindang, cocok untuk tempat bersantai setelah keliling Kota Surabaya.

Tugu yang menjulang tinggi ini sudah berdiri sejak masa penjajahan. Jangan khawatir, kamu tidak akan dikenakan biaya jika mengunjungi tempat ini dikarenakan Tugu Pahlawan gratis untuk umum.

8. Museum 10 November

Kalau kamu ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, museum ini adalah tempat yang tepat.

Sebab, museum ini merupakan gudangnya dari cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut.

Lokasi museum ini tak jauh dari Tugu Pahlawan, masih sama-sama di Jalan Pahlawan. Di sini kamu bisa melihat-lihat foto dan lukisan dari situasi zaman perang.

Ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang arek-arek Suroboyo. Lumayan, berwisata tapi edukasinya juga dapat.

9. Patung Suro dan Boyo

Selain Tugu Pahlawan, Surabaya juga memiliki patung yang jadi ikon kota yakni Patung Suro dan Boyo. Patung ini memiliki cerita bagaimana Kota Pahlawan bisa dinamakan menjadi Surabaya.

Tak afdol rasanya kalau ke Surabaya tapi enggak foto-foto berlatar patung hiu dan buaya ini. Ada beberapa titik untuk mengabadikan foto berlatar patung Suro dan Boyo. Salah satu spot yang terbaik adalah dari Taman Skateboard.

10. Food Junction Grand Pakuwon

Tempat wisata di Surabaya satu ini sudah pasti jadi favorit para pecinta kuliner. Dibuka sejak 2016 silam, Food Junction Grand Pakuwon selalu ramai dikunjungi. Terdapat banyak macam kuliner tersedia mulai dari makanan Nusantara hingga mancanegara.

Pengalaman spesial ketika menyantap makanan dan menikmati minuman di sini, kamu bisa sambil menikmati pemandangan danau buatan yang indah.

Selain makan, ada juga wahana-wahana yang siap memberikan kamu hiburan. Para pecinta kuliner, yuk langsung sikat!

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang cocok kamu dan keluarga kunjungi saat musim libur tiba.

Untuk penjelasan selengkapnya tonton video 10 Tempat Wisata Paling Populer di Surabaya melalui channel YouTube kami.

Tag : #wisata surabaya    #surabaya    #tempat wisata    #travel    #kota pahlawan   

Baca Juga