Ilustrasi

Lagi Viral, Begini Cara Bikin Instagram Playback 2021 di Stories

Wanovy | Teknologi | 11-12-2021

Instagram dikabarkan telah menambahkan fitur baru untuk menutup akhir 2021. Dia adalah fitur “Playback” yang hadir untuk meramaikan tren kilas balik di akhir tahun.

Fitur ini menampilkan apa yang menurut Instagram sebagai Stories terbaik pengguna sepanjang tahun ini, meskipun dapat menambahkan atau menghapus cerita lain pilihan sebelum diunggah.

"Untuk membantu kalian melihat kembali momen spesial tahun ini, kami menciptakan playback dari stories di tahun 2021," kata Instagram, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (10/12/2021).

Namun, Instagram sendiri belum mengumumkan fitur ini secara resmi, tetapi sejumlah pengguna telah mendapatkan fitur tersebut, dan membagikannya, seperti pengguna yang juga karyawan Meta, Alexandru Voica.

Voica menggungah gambar yang berisi tampilan dari Instagram Playback di akun Twitternya. Fitur ini akan muncul secara otomatis sebagai banner di Feed pengguna, dengan tulisan “View your 2021 Playback” dan tombol “View Playback”.

Menurut keterangan Voica, fitur ini akan menampilkan rangkuman Stories yang pernah diunggah pengguna selama 2021 di Instagram.

Untuk menampilkan rangkuman itu, pengguna cukup menekan tombol View Playback saja. Setelah itu, Instagram akan menyusun carousel dari kumpulan Stories yang pernah diunggah pengguna. Voica juga menuturkan bahwa fitur telah resmi dirilis Instagram per 9 Desember 2021.

Namun beberapa akun Instagram Indonesia, Jumat (10/12/2021) sore, belum ditemukan banner Playback yang muncul di Feed pengguna. Kemungkinan fitur ini akan disebarkan ke pengguna secara bertahap.

Playback 2021 yang disebut sebagai Kapsul Waktu dari momen terbaik Anda akan tersedia selama beberapa pekan ke depan. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak panduan berikut.

Cara Buat Playback 2021 di Instagram Stories

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Anda.

2. Fitur Playback 2021 akan otomatis muncul di bagian atas feed, tepat  di bawah Stories.

3. Ketuk tombol “View Playback” dan nantinya akan muncul 10 stories yang sudah dipilih oleh Instagram.

4. Pengguna bisa menambahkan atau mengurangi Instagram stories tertentu dari Playback sebelum dibagikan.

5. Jika sudah sesuai, ketik “Share” dan Instagram Playback akan langsung dibagikan ke IG Story Anda.

6. Namun, jika opsi Playback 2021 belum muncul, tapi ingin menggunakannya,  Anda cukup mengklik stiker 2021 yang muncul di sudut Stories orang lain yang sudah lebih dulu mengunggahnya.

Itulah cara menggunakan Palayback 2021, untuk Anda yang belum kebagian menggunakan fitur ini mohon bersabar. Pasalnya Instagram mengatakan fitur itu harus diluncurkan ke semua pengguna pada akhir minggu.

Tag : #instagram    #instagram playback2021    #instagram stories    #instagram wrapped   

Baca Juga