Rumah Digital Indonesia, perayaan hari kemerdekaan secara virtual

Lomba Virtual Memperingati Hari Kemerdekan RI ke 76

rini | | 30-07-2021

PARBOABOA, Jakarta - Memperingati kemerdekaan Indonesia di tengah situasi pandemi, pemerintah mempersiakan festival kemerdekaan virtual pertama dan terbesar yaitu Rumah Digital Indonesia (RDI).

"Gagasan Rumah Digital Indonesia ini satu gagasan yang cerdas gagasan yang luar biasa. Rumah Digital Indonesia ini menjadi bagian yang penting di dalam perayaan di bulan kemerdekaan ini merupakan wujud dari ketangguhan kita sebagai bangsa dan sebagai negara. Ini merupakan wujud dan kecepatan kita beradaptasi yang memungkinkan keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres) pada Jumat (30/7/2021).

"Keterbatasan yang diakibatkan pandemi ini tidak menghalangi kita sebagai bangsa dalam menghayati nilai-nilai nasionalisme, patriotisme. Dan secara khusus kegiatan ini menyediakan ruang untuk menciptakan kegembiraan bagi masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan ke-76," ujarnya.

"Keramaiannya itu kan di dunia virtual, di rumah digital itu yang akan kita ramaikan. Jadi bagaimana kegiatan-kegiatan yang secara luring itu bisa disaksikan secara daring," ujarnya.

"Jadi semangatnya, kemeriahannya tetap sama, ruangnya beda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama," katanya.

Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung mengungkapkan, ada beberapa kegiatan dan fitur yang bisa diakses masyarakat secara daring di Rumah Digital Indonesia.

Putri mengatakan, masyarakat dapat mengikuti perlombaan khas 17 Agustus seperti makan kerupuk, tarik tambang, hingga balap karung secara virtual di Ruang Arena Perlombaan.

"Bukan cuma bermain, kita juga bisa berkompetisi antar peserta. Nanti ada papan skor untuk melihat siapa pemenang dari semua peserta. Jadi kita lomba 17-an tetapi pesaingnya dari seluruh Indonesia," kata Putri.

Oleh karena itu, Menkominfo mengundang, seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam merayakan hari kemerdekaan melalui aplikasi tersebut. Mengingat, banyak hal positif yang akan didapatkan oleh masyarakat ketika menggunakan aplikasi itu.

Dengan melalui aplikasi di atas, maka setiap kegiatan yang identik dengan perayaan hari kemerdekaan dilakukan secara virtual. Sehingga, momentum hari kemerdekaan tetap dapat berkobar terus menerus selama beberapa waktu ke depan.

Tag : #nasional   

Baca Juga