Ilustrasi TransJakarta

Mengenal Bus Listrik TransJakarta yang Akan Segera Beroperasi

Dimas | Otomotif | 12-03-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menyoroti kemajuan transportasi umum di Ibu Kota yang kian berkembang. Pasalnya, beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 30 bus listrik untuk armada TransJakarta.

Diketahui, bus listrik yang akan di gunakan oleh TransJakarta adalah keluaran dari produsen otomotif Build Your Dreams (BYD).

Dimana, BYD ini merupakan pabrikan asal China dengan agen pemegang merek PT Bakrie and Brothers. PT Mayang Sari, salah satu Perusahaan Otobus yang nantinya akan mengoperasikan 30 unit bus listrik tersebut.

Bus listrik bertipe K9 dengan model lantai rendah (low deck)  keluaran BYD tersebut memiliki panjang sekitar 12 meter, dan mampu mengangkut 60 penumpang duduk dan berdiri.

Armada TransJakarta yang baru ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan daya listrik yang bisa dipastikan nol emisi karbon.

Kapasitas baterai sebesar 324 kWh dengan konsumsi daya maksimum 1,3 kWh per kilometer. Performa dari bus listrik ini juga mampu menghasilkan hingga 150 kw dengan torsi maksimal di angka 550 Nm.

Pengisian daya baterai memiliki kapasitas hingga 80 kW yang juga mengusung tipe DC plug-in. waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai penuh di perkirakan dua sampai tiga jam saja. Dan dalam kondisi baterai penuh bus listrik BYD k9 ini mampu menempuh jarak hingga 250 km.

Dengan spesifikasi dari bus listrik K9 tersebut, tentunya memiliki sejumlah keunggulan. Selain bus listrik ini nol emisi karbon, bus listrik juga memiliki efisiensi energi yang berpotensi 5 kali lebih tinggi dibandingkan bus diesel.

Sebelum di operasikan, 30 unit bus ini juga telah lolos uji ketahanan banjir dan dijamin aman.

“Untuk antisipasi banjir, bus ini sudah lolos uji. Semua terkait banjir, kecelakaan, sudah kita uji sehingga semuanya bisa diantisipasi,” Ucap Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya.

Itulah bus listrik yang nantinya akan di gunakan menjadi transportasi umum di Ibu Kota jakarta.

Tag : #bus    #bus listrik    #transjakarta    #byd    #otobus    #otomotif    

Baca Juga