Menkominfo Johnny G. Plate (detik.com)

Menkominfo: 24 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Ekosistem Digital

Dimas | Nasional | 07-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, mengharapkan peningkatan UMKM masuk dalam Marketplace tahun ini. Hal ini disampaikan saat membuka Forum Ekonomi Digital Kominfo (FEDK) IV di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

"Melalui Forum Ekonomi Digital Kominfo ini saya mengajak semua pihak menyamakan berbagai pandangan khususnya dengan kementerian dan lembaga dalam rangka peningkatan transaksi penjualan UMKM dalam platform lokapasar," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Senin (4/4/2022).

Menurutnya, aksi ini menjadi tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian nasional. Dirinya juga berharap adanya masukan langsung dari CEO dan Founder Marketplace untuk mendorong peningkatan UMK dalam aktivitas perdagangan digital.

"Di tahun 2022 ini Pemerintah di bawah leadership Presiden Jokowi menargetkan 20 Juta UMKM bisa tembus pasar lokal. Pada masa pandemi Covid-19, sudah tercatat ada 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital. Capaian ini belum cukup dan harus ditingkatkan. Target tahun 2023, 24 juta UMKM masuk marketplace dan 30 juta di tahun 2024," jelas Johnny dalam keterangannya, Rabu (6/4).

Menurut Menkominfo, pemerintah berusaha melibatkan UMKM masuk dalam skema pengadan barang dan jasa pemerintah. Wacana ini juga sudah disampaikan kepada gubernur, bupati, wali kota dan Dirut BUMN.

Lewat aksi Afirmasi dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, pemerintah turut mendorong pemakaian produk dalam negeri supaya bisa bersaing dengan produk ekspor.

"Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa di tahun ini, ditargetkan 1 juta UMKM masuk ke e-katalog dan dapat dilaksanakan dengan tuntas. Bahwa anggaran di APBN, APBD, anggaran di BUMN semuanya harus difokuskan untuk membeli produk-produk dalam negeri utamanya yang diproduksi oleh UMKM," tuturnya.

Menteri Johnny menyatakan sesuai hasil studi berbagai lembaga tentang kajian dan penelitian yang dilakukan pada tahun 2021 bahwa produk impor yang dijual melalui platform E-Commerce masih dominan.

"Diperkirakan porsi produk impor yang dijual bisa mencapai 90 persen sehingga perlu ada kerjasama kementerian/lembaga dengan pelaku marketplace untuk meningkatkan penjualan produk dalam negeri dalam marketplace," ungkapnya.

Forum Ekonomi Digital Kominfo merupakan inisiatif Kementerian Kominfo dalam mempertemukan pelaku ekosistem digital di Indonesia. Adapun tema yang diangkat dalam FEDK IV ini yaitu Platform Digital Marketplace.

Tag : #menkominfo    #umkm    #nasional    #ekosistem digital    #ecommerce    #covid-19   

Baca Juga