MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Foto: Ricardo/JPNN.com)

Kabar Duka, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Wulan | Nasional | 01-07-2022

PARBOABOA, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari lalu.

Kabar duka tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari PDIP Junimart Girsang. Ia mengatakan Tjahjo Kumolo wafat pada hari ini, Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11.10 WIB di RS Andi Waluyo, Jakarta.

"Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, [Thahjo] sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Junimart Girsang.

Sebelumnya, politikus senior PDIP itu sempat menjalani perawatan intensif dirumah sakit sejak pekan lalu. Bahkan sempat berhembus kabar bahwa Tjahjo dalam keadaan koma.

Namun informasi tersebut langsung dibantah oleh Sekretaris KementerianPANRB, Rini Widyantini. Rini menyebut kondisi kesehatan Tjahjo sudah membaik sejak pekan lalu.

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini saat dikonfirmasi, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga sempat menyampaikan kalau kondisi Tjahjo sudah membaik. Ia menegaskan bahwa Tjahjo Kumolo harus menjalani perawatan agar dirinya bisa segera pulih.

"Pak Tjahjo sakit dan sedang dalam perawatan intensif. Sudah mulai membaik tapi masih tetap harus dirawat untuk recovery," kata Mahfud kepada wartawan, Jumat (24/6/2022).

"Doakan agar pak Tjahjo terus semakin membaik," tambahnya.

Sebagai informasi, Tjahjo merupakan salah satu kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen. Ia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Joko Widodo (Jokowi) masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Ia juga tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI.

Tag : #tjahjo kumolo    #menpanrb    #nasional    #pdip    #tjahjo kumolo meninggal dunia    #menpanrb meninggal dunia   

Baca Juga