Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Foto: KOMPAS.com/Haryantipuspasari)

Dampak Kenaikan Harga BBM, Menteri PUPR akan Lakukan Penyesuaian Tarif Tol

Sari | Ekonomi | 21-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan penyesuaian tarif tol hingga akhir 2022.

Menteri Basuki menyebutkan, hal itu dilakukan melihat perekonomian nasional yang kembali bergerak dan aturan baru terkait kenaikan harga bakan bakar minyak (BBM) yang ditetapkan pemerintah pada awal September 2022.

"Kalau tarif tol karena ini kondisi pandemi Covid-19 agak saya tahan-tahan (kenaikan tarif tol), sekarang sudah bergerak ekonominya, sesuai aturan, sesuai inflasi, kita coba penyesuaiannya (tarif tol)," kata Basuki ditemui usai meninjau Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tenjo Ayu, Sukabumi, Jawa Barat, dikutip dari Kompas, Selasa (20/09/2022).

Kendati demikian, penyesuaian tarif tol akan mempertimbangan kemampuan masyarakat dan dilihat dari hasil survei.

"Selama penyesuaiannya willingness to pay-nya masih di bawah yang kita selalu survei, kita akan sesuaikan," ujarnya.

Basuki mengungkapkan, salah satu pertimbangan lain yang dilakukan untuk menetapkan penyesuaian tarif adalah menjaga pelayanan tol dan iklim investasi.

Pasalnya, penyesuaian tarif tol juga akan berdampak terhadap pengembalian investasi yang telah dikeluarkan selama proses pembangunannya.

"Nanti (jika ditunda) pelayanan tol juga akan terganggu, iklim investasinya juga terganggu. Mudah-mudahan kita lihat, selama ini saya kadang-kadang dikomplen melanggar Undang-Undang tapi selama membela masyarakat," ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyebutkan ada 11 ruas jalan tol yang dijadwalkan akan melakukan penyesuaian tarif hingga akhir tahun mendatang.

“Ada 11 rencana penyesuaian tarif tol sampai dengan akhir tahun,” ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pantja Dharma Oetojo.

Seperti mengutip dari Bisnis.com, sepanjang tahun 2022 ini sejumlah ruas jalan tol yang telah mengalami penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, Jalan Tol Cikampek Palimanan, dan Jalan Tol Pondok Aren-Serpong.

Sementara itu, ruas-ruas yang telah dijadwalkan sejak tahun lalu untuk penyesuaian tarif di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Tangerang-Merak,dan Jalan Tol Pandaan-Malang.

Tag : #menteri pupr    #tarif tol    #ekonomi    #kenaikan bbm    #basuki hadimuljono    #jalan tol   

Baca Juga