Fabio Quartararo dengan helm emas sebagai juara dunia MotoGP 2021.

MotoGp 2021, Quartararo Juara, Valentiono Rossi Pensiun

Maraden | Olahraga | 25-10-2021

PARBOABOA – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Berhasil mengukir prestasi membanggakan dengan menyabet gelar juara dunia MotoGP musim 2021.

Gelar juara itu dipastikannya usai menyelesaikan seri terakhir MotoGp 2021 yakni pada MotoGP Emilia Romagna pada Minggu (24/10/2021) malam WIB. Meski start dari posisi ke-15, Quartararo berhasil comeback dan finis keempat.

Dia berhasil meraih 267 poin selama gelaran MotoGp 2021 dengan 10 kali naik podium dan 5 kali memenangkan seri.

Lima besar klasemen akhir moto gp pun diisi oleh oleh Quartararo pada puncak klasemen, disusul Francesco Bagnia dengan 202 poin. Kemudian Joan Mir dengan 175 poin, di posisi keempat diduduki oleh Johann Zarco dengan 152 poin dan posisi kelima ada Jack Miller dengan 149 poin.

Quartarrao juga tercatat satu-satunya pebalap yang menyelesaikan setiap balapan dengan meraih poin di musim ini. Dari 16 seri selama gelaran motoGP 2021, dia juga hanya sekali finis diluar 10 besar yakni saat ia menderita cedera arm-pump di Jerez.

Valentino Rossi Pensiun

Balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 yang berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, Minggu (24/10/2021), menjadi balapan terakhir Valentino Rossi. Balapan terakhirnya secara kebetulan digelar di negaranya sendiri. Hal itu menambah spesialnya sambutan yang diberikan publiknya sendiri terhadap VR46.

Rossi disambut penggemarnya di negaranya sendiri sebelum dan sesudah menjalani balapan seri ke-16 MotoGP 2021 tersebut. Pada balapan tersebut, Rossi berhasil finis di posisi ke-10 meski cuma memulai balapan dari urutan ke-23.

Sosok berjuluk The Doctor itu mulai tahun depan  akan menjalani masa pensiun.

Menurut Rossi, pencapaiannya itu menjadi cara terbaik untuk mengucapkan selamat tinggal kepada MotoGP.

"Misano adalah balapan kandang saya karena berjarak 10 kilometer dari tempat saya tinggal. Saya senang terutama karena saya menjalani balapan yang baik. Ini adalah cara terbaik untuk mengucapkan selamat tinggal karena selalu sulit memulai dari posisi belakang dan finis posisi 10 besar,” kata Rossi, dikutip dari GPone

Usai pensiun sebagai pembalap pada musim depan, Valentino Rossi menjagokan kedua muridnya dari Akademi VR46, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia, untuk menjadi penantang gelar pada tahun depan.

"Saya menempatkan Bagnaia, Quartararo, Marquez, dan kemudian Franco Morbidelli di barisan depan," ucap Rossi.

Tag : olahraga, motogp, motogp 2021, fabio quartararo, valentino rossi, rossi pensiun

Berita Terkait