Ilustrasi cara mengembalikan akun Instagram yang di hack

Mudah Banget, Ini Cara Mengembalikan Akun Instagram yang di Hack

Wanovy | Teknologi | 04-01-2022

PARBOABOA - Pembajakan akun Instagram masih kerap terjadi. Jangan bingung jika akun Instagram kalian kena hack. Simak cara mengembalikan akun Instagram yang di hack berikut ini.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang menjadi sasaran empuk bagi para hacker. Sudah tidak terhitung lagi ada berapa akun yang berhasil dibobol.

Namun, tak perlu panik jika mengetahui akun Instagram diambil alih atau berhasil dibobol oleh hacker. Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang di hack? Simak panduan berikut.

1. Buka help.instagram.com lalu pilih "Privacy & Safety"

Cara mengembalikan akun Instagram yang di hack pertama adalah dengan membuka situs help.instagram.com lalu pilih menu Privacy & Safety > Report Something > Hacked Account > I Think my account has been hacked > Report it to us.

Setelah itu, akan ada beberapa pertanyaan yang muncul dan kamu perlu mengisinya dengan benar dan sejelas-jelasnya.

2. Melalui menu Impersonation Account

Langkah-langkahnya hampir sama seperti di atas, hanya saja pilih menu “Impersonation Account” untuk melaporkan bahwa akunmu diambil alih sama orang lain. Pada menu ini, diwajibkan untuk mengisi form yang telah disediakan oleh Instagram.

3. Jika sudah berhasil lapor, maka akun Instagram akan hilang

Setelah melaporkan dan mendapatkan respon, akun Instagram yang telah dilaporkan akan menghilang dari kolom pencarian dan akan muncul bertuliskan “user not found”.

Gak usah panik, itu memang langkah dari pihak Instagram untuk memastikan bahwa memang ada tindakan pembobolan terhadap akunmu.

Perlu diingat, saat nama akunmu tidak bisa ditemukan jangan coba-coba mendaftar lagi di Instagram dengan nama akun yang sama. Pasalnya, hal tersebut justru akan membuat pihak Instagram bingung dan malah bikin kamu seakan-akan jadi pihak yang meng-hack akunmu.

4. Cek email

Cara mengembalikan akun Instagram yang di hack selanjutnya adalah selalu rajin mengecek email. Selalu cek email untuk mengetahui pesan yang masuk dari pihak Instagram atas laporan yang dibuat.

Instagram akan memberikan instruksi seperti menuliskan nama akun dan nama lengkap dan kode rahasia di kertas putih dan memfoto wajah dan kertas putih bersamaan untuk verifikasi bahwa akun adalah asli.

5. Isi formulir

Setelah melakukan Langkah-langkah diatas, Instagram akan mengirimkan formular yang harus diisi. Balas dan isi formular dengan selengkap-lengkapnya dan jangan sampai ada informasi yang terlewatkan.

Setelah menunggu 4-7 hari, akun akan kembali dan dapat ditemukan pada kolom pencarian dan akun yang telah di hack dapat kembali seperti semula.

Ikuti langkah pemulihan akunmu sesuai dengan email balasan terakhir dari pihak Instagram dan kamu pun sudah siap kembali menggunakan akun Instagram-mu lagi.

Bagaimana, mudah bukan? Meski prosesnya terbilang lama tapi cara mengembalikan akun Instagram yang di hack ini cukup worth it kok untuk mengembalikan akun Instagram-mu lagi.

Tag : #instagram    #hack    #bajak    #mengembalikan akun ig   

Baca Juga